Kabar Gembira! Gaji ke-13 PNS Cair Hari Ini, Cek Komponennya Yuk

Pasti kepake banget nih!

57
Gaji ke-13

Pegawai Negeri Sipil (PNS) hari ini, Senin 5 Juni 2023, sudah bisa mengecek rekening untuk memastikan bahwa gaji ke-13 sudah cair. Pemberian gaji ke-13 ini diatur lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2023 sebagai wujud penghargaan atas kontribusi serta pensiunan dalam pelayanan masyarakat.

Selain itu, pemberian gaji ke-13 ini berusaha untuk meningkatkan daya beli masyarakat sehingga bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional serta bagi yang sudah berkeluarga, memiliki anak, gaji ke-13 ini diberikan untuk membantu membiayai pendidikan anak.

Ilustrasi foto uang Rupiah

Kementerian Keuangan dalam website resminya mengatakan bahwa besaran gaji ke-13 ini merupakan komponen penghasilan yang dibayarkan pada bulan Mei tahun 2023 dengan besaran sebesar gaji atau pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiunan pokok (tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum).

Selain itu, akan ada juga 50% tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja. Sementara untuk guru dan dosen yang tidak mendapatkan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan, diberikan sebesar 50% tunjangan profesi guru serta 50% tunjangan profesi dosen.

Khusus untuk tunjangan kinerja ASN Daerah (ASND) penerima gaji ke-13 pada Instansi Pemerintah Daerah, pemberian THR diberikan paling banyak sebesar 50% tambahan penghasilan dengan memperhatikan kapasitas fiskal daerah.

Pada penerimaan gaji ke-13 tahun ini, para pensiunan juga berhak mendapatkannya dengan ketentuan, yaitu Aparatur Negara yang pensiun dengan TMT (terhitung mulai tanggal) 1 Juni 2023, maka gaji ke-13 tahun 2023 dibayarkan oleh satuan kerja berkenaan.

Untuk Aparatur Negara pensiun dengan TMT 1 Mei 2023, maka kepada Aparatur Negara tersebut diberikan gaji ke-13 tahun 2023 sebagai Pensiunan yang dibayarkan oleh PT Taspen atau PT ASABRI.

Ilustrasi foto uang/Shutterstock

Nantinya, para penerima pensiun dapat berkoordinasi dengan PT Taspen atau PT ASABRI atau kedua PT tersebut sudah menyiapkan informasi dan petunjuk teknisnya melalui media terkait sehingga para pensiunan tidak perlu bingung atau khawatir akan pembayaran hak gaji ke-13.

Komponen Gaji ke-13

Pentingnya Menabung Uang THR Lebaran
Ilustrasi foto uang/shutterstock

Merujuk kepada PP 15 tahun 2023 pasal 66 terkait dengan komponen gaji ke-13 PNS, ada beberapa poin atau komponen yang diterima terkat dengan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil. Apa saja itu?

Gaji pokok

Tunjangan keluarga

Tunjangan pangan

Tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan

50% tunjangan kinerja, sesuai pangkat, jabatan, peringkat jabatan, atau kelas jabatan.

Baca juga: “Aturan Baru Jam Masuk Untuk ASN, Sekarang Bisa WFA

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.