Keren Banget! 70 Persen Atlet Indonesia di SEA Games 2023 Masih Pelajar dan Mahasiswa

Anak muda makin patriotis nih ikut event internasional.

107
SEA Games 2023

Presiden RI Bapak Jokowi melepas atlet SEA Games 2023 yang akan berlaga di Kamboja pada Selasa, 2 Mei 2023 di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta. Acara yang sakral ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Lalu, acara ini dilanjutkan oleh pemaparan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Mas Dito Ariotedjo terkait dengan kesiapan kontingen Indonesia menghadapi SEA Games 2023 ini.

“Izinkan kami melaporkan kesiapan dari kontingen Indonesia yang akan mengikuti 31 cabang olahraga dari total 36 cabang olahraga yang dipertandingkan. Jumlah atlet yang mengikuti SEA Games tahun 2023 sebanyak 599 atlet dengan didampingi pelatih dan official sebanyak 230,” ucap Mas Dito di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/5).

Mas Dito mengatakan saat ini sudah ada beberapa olahraga yang sudah memulai pertandingan terlebih dahulu seperti sepak bola dan hoki indoor. Beliau juga menjelaskan bahwa rombongan besar kontingen Indonesia akan berangkat pada tanggal 4 Mei 2023 menuju ke Kamboja.

“Saat ini sudah ada beberapa cabang olahraga yang sudah mulai bertanding lebih awal seperti sepak bola dan hoki indoor. Semoga bisa memacu semangat seluruh cabang olahraga dan kontingen Indonesia. Adapun rombongan besar akan mulai berangkat pada 4 Mei tahun 2023,” tambah Mas Dito.

Dalam kesempatan ini, Mas Dito juga memberikan penjelasan tentang komposisi atlet Indonesia yang berangkat ke SEA Games 2023 dan didominasi oleh 70 persen atlet junior yang masih duduk di bangku sekolah dan mahasiswa.

“Komposisi kontingen Indonesia di SEA Games ke-32 tahun 2023 terdiri dari 70 persen atlet junior yang masih berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda kita menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme lewat multi event Internasional,” jelas Mas Dito di hadapan Presiden RI Bapak Jokowi.

Sementara itu, Bapak Jokowi menitipkan pesan kepada para atlet yang mengikuti acara ini untuk bisa setidaknya lebih baik dari SEA Games sebelumnya yang dilaksanakan di Vietnam.

“Saya hanya pesan, di SEA Games Vietnam kita memperoleh saat itu 69 medali emas. Dan peringkat kita saat itu peringkat ke-tiga. Sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69 dan peringkatnya di atas tiga. Pilihannya hanya peringkat satu atau dua” ucap Bapak Jokowi disambut tepuk tangan riuh para atlet dan menteri yang hadir.

Selamat bertanding untuk atlet Indonesia di SEA Games 2023. Semoga mendapatkan hasil maksimal. Indonesia Bisa!

Baca juga: “Jadwal Timnas U-22 di SEA Games 2023, Satu Grup Bareng Myanmar

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.