Keren! Kalahkan 44 Peserta dari 5 Negara, Paduan Suara UNS Voca Erudita Juara di Jepang

232
0

Indonesia seakan tidak berhenti mendulang prestasi. Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Unversitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta baru saja menorehkan prestasi di Negeri Sakura, Jepang. Voca Erudita  mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional pada kompetisi Paduan Suara Internasional dalam ajang 4th Tokyo International Choir Competition.

4th Tokyo International Choir Competition yang diselenggarakan di Harumi, Tokyo, Jepang, 29-31 Juli 2022 ini merupakan kompetisi tahunan yang digagas oleh Ko Matsushita.

Usai melewati babak seleksi sejak akhir tahun lalu, Voca Erudita menjadi salah satu paduan suara yang berkesempatan menunjukkan kemampuannya di Dai Ichi Seimei Hall, Harumi, Tokyo, bersama 44 peserta lainnya dari 5 negara yang berbeda.

Tim Voca Erudita memiliki anggota 37 orang, yang didampingi oleh Pringgo Widyo Laksono, Ph.D. Eng, selaku pembina, satu orang official, dan dua conductor, Redi Sabtono S.Sn serta Ardian Dika Adhyatma S.Sn.

Voca Erudita mengikuti 3 dari total 11 kategori yang diselenggarakan dalam kompetisi ini, yaitu kategori F – Mixed Choir, G – Contemporary Music, dan H – Folklore Music. Tidak hanya menjuarai setiap kategori yang mereka ikuti saja, Voca Erudita juga berhasil mendapatkan 4 penghargaan lain, yaitu Best Interpretation of Mixed Choir Compulsory Song Aki Kaze Ni”, Best Interpretation of Contemporary Song Category Under The Sea”, dan Best Interpretation of Baroque Choral Works Die Himmel Erzählen Die Ehre Gottes”.

Meraih kemenangan pada setiap kategori membawa Voca Erudita melaju ke babak Grand Prix dan menyabet gelar Grand Champion of 4th Tokyo International Choir Competition. Pada babak Grand Prix, Voca Erudita menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dari 6 paduan suara lain yang berasal dari Jepang dan Spanyol. яндекс

Prestasi yang diraih oleh Voca Erudita kali ini tentunya tak lepas dari doa dan juga dukungan berbagai pihak. Maka dari itu, paduan suara mahasiswa UNS mengucapkan banyak terima kasih atas segala bentuk dukungan yang diberikan, sehingga Voca Erudita dapat mengharumkan nama Indonesia, khususnya Kota Surakarta.

Semoga segala prestasi yang diraih, salah satunya dari Voca Erudita, bisa memberikan semangat dan inspirasi bagi anak bangsa untuk terus berkarya, serta membawa harum nama Ibu Pertiwi.

Selamat atas gelar juaranya Voca Erudita!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *