Manfaat Artificial Inteliligence (AI) dalam Keseharian Serta Cara Bijak Menyikapinya

Ternyata AI sudah sering kita gunakan lewat fitur di ponsel dan di mobil, lho!

73
Artificial Intelligence

Artificial intelligence (AI) belakangan ini menjadi salah satu hal yang menarik untuk diperbincangkan. Kecerdasan buatan ini adalah robot yang dikendalikan oleh komputer untuk melakukan tugas yang biasanya dilakukan manusia dengan kecerdasannya.

Pasti kamu masih ingat dong, unggahan di media sosial tentang Ariana Grande yang menyanyikan lagu dari Komang yang ternyata buatan AI? Atau foto-foto mantan Presiden Indonesia ketika masih kecil yang juga ternyata hasil AI?

Foto ilustrasi Artificial Intelligence/Unsplash

Ini adalah contoh dari kegiatan AI yang sangat menarik dan menghibur banyak orang. Bahkan, saat ini sudah banyak sektor pekerjaan yang memanfaatkan teknologi artificial intelligence.

Melihat dari berbagai macam sumber, artificial intelligence juga bisa diartikan kemampuan mesin untuk melakukan tugas yang dianggap serupa dengan kecerdasan manusia.

Manfaat dari Artificial Intelligence

Foto ilustrasi Artificial Intelligence/Unsplash

Teknologi diciptakan memang untuk memudahkan kegiatan manusia. Selain itu, teknologi juga kerap membantu manusia di segala aktivitasnya, begitu juga dengan artificial intelligence. Nah, sekarang mari kita lihat beberapa manfaat dari artificial intelligence ini.

Pengenalan Ucapan

Foto ilustrasi Artificial Intelligence/Unsplash

Pengenalan ucapan atau dikenal juga sebagai automatic speech recognition (ASR) adalah kemampuan yang menggunakan natural language processing (NLP) atau pemrosesan bahasa alami untuk memproses ucapan manusia ke dalam format tertulis.

Hal sederhana ini sebenarnya bisa kamu temukan di handphone kamu. Hal ini juga menjadi suatu hal yang sangat menolong ketika kamu pergi ke luar negeri. Kalau kamu tidak bisa menggunakan bahasa asli negara tersebut, kamu bisa menggunakan teknologi AI ini.

Customer Service

Foto ilustrasi Artificial Intelligence/Unsplash

Zaman sekarang ini, agen virtual online sudah bisa menggantikan kerja manusia di beberapa sistem layanan pelanggan atau customer service. Robot ini kerap menjawab pertanyaan umum seputar topik layanan seperti pengiriman, memberikan saran yang dipersonalisasi, sampai dengan menyarankan ukuran untuk pengguna.

Contohnya adalah pesan otomatis yang ada di berbagai situs e-commerce dengan agen virtual. Sejumlah tugas ini biasanya dilakukan oleh asisten virtual dan voice assistants.

Visi Komputer

Foto ilustrasi Artificial Intelligence/Unsplash

Judulnya memang agak terlihat susah untuk dimengerti. Namun, secara sederhana penggunaan AI dalam visi komputer adalah teknologi yang ada dalam perawatan kesehatan radiologi. Selain itu, yang paling kekinian adalah self-driving car dalam industri otomotif.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari artificial intelligence ini, untuk artikel selengkapnya kamu bisa klik di sini, ya.

Harus Bijak Dalam Menghadapi Artificial Intelligence

Ilustrasi Artificial Intelligence/Via: Shutterstock

Ada banyak anggapan bahwa artificial intelligence ini akan menggantikan beberapa pekerjaan manusia. Bahkan, ini akan mempengaruhi dan menggantikan peran tenaga kerja manusia.

Sesungguhnya ini adalah anggapan yang masih bisa diperdebatkan. Namun, pada intinya kedatangan dan transformasi zaman harus diikuti dan tidak boleh berlebihan sampai menggantikan peran dari manusia itu sendiri.

Baca juga: “Ada di Keseharian Kita, Kenalan Yuk Apa Itu Artificial Intelligence seperti di ChatGPT

Kembali lagi, pada dasarnya teknologi pasti diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia, bukan menggantikannya. Oleh karenanya, perlu kebijaksanaan dari manusia untuk menanggapi hadirnya teknologi artificial intelligence.

Sudah saatnya kita menjadi orang yang memanfaatkan teknologi dengan baik dan bisa menggunakannya dengan bijaksana.

Kalau menurutmu, bagaimana pengaruh dan masa depan teknologi artificial intelligence? Beri komentarmu di bawah, yuk!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.