Melihat Keindahan Pulau Terluar Indonesia yang Cantik dan Eksotis

Pulau-pulau terluar di Indonesia ini menjadi daya tarik sendiri karena keindahan alamnya.

322
0

Berbicara soal keindahan alam, Indonesia tentu memiliki segudang tempat yang bisa dikunjungi dan didatangi. Tak melulu soal Bali ataupun Labuan Bajo, Indonesia juga mempunyai sederet pulau terluar yang menyimpan kecantikan dan eksotisme tak ada duanya.

Melansir dari website Sekretariat Kabinet (setkab.go.id), Indonesia setidaknya memiliki 111 pulau terluar yang sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada 2017 silam. Namun, kami memilih beberapa di antaranya yang dinilai cukup indah dan menarik. Apa saja itu? Berikut informasinya.

Deretan Pulau Terluar Indonesia yang Indah dan Cantik

Melansir website pesona.travel, ada kurang lebih 10 pulau terluar Indonesia yang memiliki keindahan tidak biasa. Beberapa pulau ini juga bahkan telah mendunia menjadi salah satu destinasi wisata mancanegara dan membentang dari ujung barat sampai ke ujung timur Indonesia.

Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Foto Pulau Alor / Shutterstock

Indonesia timur memiliki banyak sekali tempat wisata pulau yang bisa menjadi destinasi liburan dalam negeri. Alor salah satunya, pulau terluar Indonesia ini tak kalah menawan dari Labuan Bajo dan Raja Ampat.

Penghuni laut atau komoditas utama di Pulau Alor adalah ikan dan rumput laut. Pulau ini memiliki keindahan yang terbentang sangat indah. Pantainya banyak yang tak berpenghuni, pasirnya putih, dan wisata bawah lautnya sangat cantik.

Pulau Kisar, Selat Wetar, Perbatasan Timor Leste

Foto Pulau Kisar / Shutterstock

Lokasi dari pulau ini terletak dan berbatasan langsung dengan Timor Leste. Kisar merupakan bagian dari Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Panorama laut dan pasir putihnya sangat menarik dan menyihir siapa pun yang datang.

Pulau ini sangat unik karena dikelilingi oleh bukit. Sehingga, sering dijuluki sebagai “Tanah Permata”. Untuk sampai ke pulau ini, pengunjung bisa menggunakan pesawat kecil dengan kapasitas 18 orang. Bandara yang terdapat di Pulau Kisar ini tergolong cukup kecil dengan panjang landasan pacu 800 meter.

Pulau Rondo, Aceh

Pulau Rondo kerap disebut sebagai penjaga Indonesia karena wilayahnya yang berada di utara Indonesia berbatasan langsung dengan India. Secara garis besar, Pulau Rondo merupakan titik nol-nya Indonesia.

Namun, dikarenakan akses ke pulau ini sangat terbatas, maka titik nol Indonesia dipindahkan ke Sabang. Banyak jejak TNI yang bisa ditemui di Pulau Rondo karena memang penjagaan ekstra ketat di sana.

Pulau ini pun menawarkan pemandangan laut lepas berwarna biru seakan laut tersebut milik sendiri.

Pulau Jemur, Rokan Hilir

Pulau Jemur ini merupakan salah satu wilayah yang terletak di Kepulauan Riau. Pulau ini menjadi yang terluar dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Pulau Jemur punya panorama laut yang sangat indah dengan bebatuan yang menawan.

Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan penyu hijau yang akan naik ke bibir pantai kala musim bertelur tiba.

Pulau Liran, Perbatasan Timor Lester

Foto cantiknya Pulau Liran / instagram @moluccastrip.id

Pulau ini berbatasan langsung dengan Timor Leste tepatnya di Selat Wetar. Daerah ini juga masuk ke dalam Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. Pulau Liran memiliki panorama yang sangat memesona. Ada juga mercusuar yang menambah kesan dramatis. Lautnya pun biru seperti tidak tersentuh makhluk hidup lain.

Pulau Dolangan, Kabupaten Toli-Toli

Pulau ini terletak di Laut Sulawesi dan menjadi pembatas Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Secara administratif, wilayah ini masuk ke dalam Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah. Di pulau ini juga terdapat terumbu karang sebanyak 70 persen yang menjadi tempat spesies ikan warna-warni. Benar-benar menjadi surga bagi para pecinta wisata bawah laut.

Pulau Berhala, Selat Malaka

Pulau Berhala menjadi salah satu pulau terluar di Selat Malaka yang masuk ke dalam wilayah Sumatra Utara, tepatnya di Kabupaten Serdang Bedagai. Di pulau ini, terdapat penangkaran penyu. Selain itu, ada juga berbagai jenis ikan dan karang yang hidup secara bebas.

Pengunjung yang datang juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan menyelam dan menyapa para penghuni laut tersebut.

Pulau Miangas

Pulau Miangas menjadi salah satu pulau terluar Indonesia yang memiliki potensi wisata sangat besar di dalamnya. Perairan di pulau ini sangat jernih dan diisi oleh berbagai jenis ikan laut seperti ikan layar, cakalangm ikan kulit pasir, lobster, dan teripang.

Seluruh wilayah di Pulau Miangas ini memiliki pantai pasir putih nan halus dengan bebatuan karang dan warna air yang bergradasi dari biru pekat hingga hijau toska.

Pulau Natuna

Foto Pulau Natuna / Shutterstock

Natuna memiliki keindahan alam yang tidak biasa. Di pulau ini, banyak juga kekayaan alam berupa tambang, seperti pasir kuarsa, gas alam, dan minyak bumi. Selain itu, wilayah perairan ini juga berada pada jalur pelayaran internasional.

Pulau yang juga menjadi gugusan pulau yang berbatasan dengan Laut China Selatan ini, masuk ke dalam Provinsi Kepulauan Riau. Keindahan alam Pulau Natuna sering juga disebut sebagai Mutiara di ujung utara karena memiliki alam yang masih asri dan menyimpan banyak potensi wisata yang menakjubkan.

Pulau Anambas

Foto Pulau Anambas / Shutterstock

Pulau Anambas memiliki peta lokasi yang berada di antara Singapura dan Kepulauan Natuna. Keindahan dari pulau ini menempatkan Pulau Anambas menjadi peringkat pertama pulau tropis terindah di Asia versi CNN pada tahun 2012 silam.

Bentangan pasir putih yang sangat luas sejauh 8 kilometer, dapat dinikmati di Pantai Padang Melang yang terletak di Kecamatan Jemaja. Pantai yang ada di Pulau Anambas ini juga memiliki ciri khas seperti tapal kuda dengan hiasan pohon kelapa dan cemara yang ada di sekitarnya.

Pulau Bintan

Foto Pulau Bintan / Shutterstock

Kepulauan Riau memiliki sejuta keindahan alam yang ada di dalamnya. Pulau ini juga menawarkan keindahan bahari, salah satunya eksotisnya batu-batu granit di Pantai Trikora yang merupakan pantai dengan garis panjang di pesisir timur Pulau Bintan.

Banyak kan pulau terluar kita yang indah dan jadi hidden gems. Kapan nih Oppal Gengs traveling ke situ, cusslah

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *