Salip China, India Kini Nomor Satu Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia

Apa penyebab penduduk di China menurun? Baca lengkapnya.

73
India

United Nations World Population Prospects (UN WPP), merilis data populasi masyarakat yang ada di China, India, Indonesia, dan Amerika Serikat. Data dari UN WPP ini cukup menarik karena populasi masyarakat India mampu menyalip negara China.

Mengutip dari laman CNN.com, total populasi masyarakat China saat ini mencapai 1.425.671.352, sedangkan India memiliki 1.428.627.663 populasi di Negeri Bollywood itu.

Rata-rata pertumbuhan penduduk China dalam survei itu hanya sebesar 0,5%. Angkanya cukup jauh berbeda dengan India yang rata-rata pertumbuhan penduduknya mencapai angka 1,3%.

Foto masyarakat India/Shutterstock

Padahal, selama 60 tahun terakhir populasi manusia di negara China sangat mendominasi dari sisi jumlah di dunia. Tingkat kelahiran nasional di negara itu juga mencatatkan rekor terendahnya yakni 6,77 kelahiran per seribu orang.

Sebelumnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa India akan mengalahkan China sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia mencapai 1,43 miliar dalam beberapa pekan ke depan.

“Menjelang akhir bulan ini, populasi India diperkirakan akan mencapai 1.425.775.850 orang, sejalan dan kemudian melampaui jumlah penduduk China daratan,” kata Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB, dikutip dari cnn.com.

Masyarakat keturunan India saat ini sudah tersebar di negara-negara besar, bahkan ada yang menjadi Wakil Presiden AS Kamala Harris, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, dan CEO Google Sundar Pichai.

Kenapa Populasi di China Menurun?

Foto masyarakat China/Shutterstock

Melansir dari berbagai sumber, penurunan jumlah penduduk di China ini terkait dengan kebijakan satu anak yang ketat untuk pasangan yang menikah selama beberapa dekade dan baru berakhir pada tahun 2016 lalu.

Selain itu, penurunan tingkat kelahiran di Negeri Tirai Bambu juga disebabkan oleh meningkatnya biaya hidup dan semakin banyaknya perempuan China yang bekerja dan mengejar pendidikan tinggi.

Bahkan, pada tahun lalu tingkat kesuburan di China turun menjadi salah satu tingkat terendah di dunia, yaitu 1,2 kelahiran per perempuan.

Bagaimana dengan Populasi di Indonesia?

Foto petugas sensus di Indonesia/Shutterstock

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia tercatat sebanyak 275,77 juta jiwa pada tahun 2022. Jumlah ini naik 1,13% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 272,68 juta jiwa.

Baca juga: “Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Termuda dan Keturunan India Pertama

Indonesia saat ini menjadi negara dengan populasi terbanyak keempat di dunia. Jumlah penduduk di dalam negeri pun terus mengalami kenaikan selama satu dekade terakhir. Menurut usianya, 69,25% penduduk Indonesia berada di usia 15-64 tahun. Sebanyak 24% penduduk berusia 0-14 tahun dan 6,74% penduduk berusia 65 tahun ke atas.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.