Tips Aman Berkendara Saat Mudik, Jangan Lupa Manfaatkan Rest Area

Selain wajib mengecek keadaan kendaraan, berikut ini tips aman berkendara saat mudik.

109
Mudik

Pulang kampung menggunakan mobil pribadi memang menjadi pilihan banyak orang ketika musim mudik datang. Berbagai macam alasan biasanya muncul ketika ditanya mengapa memilih menggunakan kendaraan roda empat.

Selain kondisi tubuh yang sehat dan bugar, kondisi kendaraan saat mudik juga harus menjadi perhatian agar perjalanan menuju kampung halaman menyenangkan. Perhatikan juga tips aman berkendara saat mudik ketika kamu melakukan perjalanan yang pastinya akan menyita waktu, tenaga, dan pikiran.

Biasanya ketika kamu sedang berkendara menggunakan mobil, rasa kantuk dan kurang fokus datang dan ini cuma salah satu dari banyaknya efek yang datang ketika kamu berkendara. Rasa lelah tentu akan menyebabkan tubuh bereaksi lambat, mengurangi kewaspadaan, dan lain sebagainya.

Kamu bisa melawan rasa lelah dan ngantuk ini dengan tips aman berkendara saat mudik berikut ini:

Pilih Waktu Aman untuk Mengemudi

Ilustrasi keluarga yang akan melakukan mudik/Shutterstock

Pada waktu kamu mengemudi, jangan terlalu terburu-buru untuk sampai ke tujuan, lebih baik kamu berkendara secara perlahan tapi pasti dan sampai dengan selamat ke tempat tujuan.

Disarankan untuk tidak mengemudi saat tengah malam sampai jam enam pagi, karena rasa ngantuk terasa sangat intens di jam-jam tersebut. Selain itu, kamu juga tidak dianjurkan mengemudi secara terus menerus selama delapan jam sehari.

Manfaatkan Rest Area

Foto salah satu rest area/Shutterstock

Memanfaatkan rest area untuk beristirahat merupakan salah satu pilihan bijak. Biasanya, di sepanjang jalur mudik ada banyak sekali rest area yang bisa kamu manfaatkan. Tempat ini juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan waktu terbaik untuk istirahat.

Tak hanya untuk tidur, rest area biasanya menyediakan tempat untuk buang air kecil, meregangkan badan, dan lain sebagainya. Jadi, ketika mudik nanti kamu wajib memanfaatkan rest area ini untuk beristirahat ya, Oppal gengs.

Perhatikan Asupan Makanan

Tipe Karakter Berdasarkan Jenis Kopi
Secangkir Ristretto/unsplash

Ada satu fakta menarik lainnya soal mengemudi. Ternyata apa yang kamu konsumsi itu mempengaruhi kemampuan mengemudi, lho.

Selain harus menghindari minuman beralkohol, hindari juga obat-obatan yang bisa menyebabkan ngantuk. Kamu bisa mengonsumsi kopi untuk meningkatkan kewaspadaan, namun sedikit catatan, efek kopi ini tidak bertahan lama dan akan menghilang setelah beberapa jam.

Nyetir Secara Bergantian

Foto ilustrasi orang yang sedang mengemudi/Unsplash

Kalau kamu mudik bareng sama kerabat, usahakan bawa satu orang lain yang bisa menggantikan kamu menyetir selama perjalanan. Kalau kamu menyetir sendirian, jangna lupa untuk memanfaatkan rest area dan berhenti sejenak setiap beberapa jam ya, gengs.

Hindari Pakai Ponsel Ketika Berkendara  

Ilustrasi seseorang yang sedang menggunakan handphone/Shutterstock

Salah satu cara berkendara yang aman adalah fokus mengemudi dan tidak melakukan multi-tasking, seperti melihat telepon genggam untuk mengecek peta digital dan sebagainya. Bila perlu, kamu bisa menggunakan fitur speaker agar peta digital bisa tetap membantu tanpa kamu perlu mengecek layar setiap beberapa menit sekali.

Baca juga: “Selain Kondisi Mobil, Ini Hal Lain yang Jangan Sampe Kelupaan Dicek Sebelum Mudik

Itu dia beberapa tips aman berkendara saat mudik. Stay safe ya, gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Related Post