Selain Kondisi Mobil, Ini Hal Lain yang Jangan Sampe Kelupaan Dicek Sebelum Mudik

Jangan main asal tancep gas aja gaess, periksa dulu mobil dan yang lainnya ya.

178
Mudik

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman. Selain bisa membawa banyak orang, kendaraan roda empat juga memudahkan kita untuk bepergian di lokasi tujuan mudik nantinya.

Pada tahun ini, jumlah pemudik yang menggunakan mobil diprediksi menyentuh angka 27,32 juta. Jumlah ini juga setara dengan 22,07% dari total pemudik yang akan pulang kampung di tahun ini.

via GIPHY

Nah, untuk kamu yang berencana mudik menggunakan mobil pada tahun ini, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, salah duanya adalah mengecek kondisi fisik mobil dan siapkan saldo e-tol.

Apa lagi hal yang perlu dipersiapkan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi? Cekidot gaesss.

Cek Kondisi Fisik dan Kendaraan

Ilustrasi keluarga yang akan berangkat mudik/Shutterstock

Hal pertama yang harus dan wajib kamu lakukan sebelum berangkat mudik pakai mobil pribadi adalah mengecek kendaraan dan fisik. Bawa mobil kamu ke bengkel untuk diperiksa sekaligus memastikan apakah komponen-komponen vital kendaraan masih layak untuk digunakan jarak jauh atau tidak.

Jangan lupa periksa kondisi ban dan air radiator sebelum berangkat ke lokasi tujuan. Persiapan yang matang menjadi kunci utama kelancaran mudik kamu ke kampung halaman.

Perhatikan Saldo E-tol

Ilustrasi e tol yang sedang digunakan pengemudi/Shutterstock

Untuk kamu pengguna jalan tol, jangan lupa untuk rajin-rajin mengecek saldo uang elektronik kamu ya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang tunai. Ini untuk berjaga kamu lupa mengisi saldo e-tol dan harus meminjam kepada pengemudi di belakang kamu.

Kalau bisa, isi e-tol lebih banyak dari harga pada umumnya untuk menghindari kenaikan tarif tol. Perhatikan juga batas kecepatan ketika kamu melintas di tol ya, patuhi aturan yang ada dan jangan bermain handphone saat mengemudi.

Pelajari Rute Perjalanan Mudik

Foto gerbang Tol Kalikangkung yang jadi rute utama pemudik di Pulau Jawa/Shutterstock

Mempelajari rute perjalanan sangat membantu ketika kamu akan mudik. Ini akan sangat berguna untuk kamu mengetahui kondisi jalan, meski saat ini sudah ada Google Maps dan lain sebagainya, tetapi percayalah jika kamu sudah mempelajari rute mudik akan sangat membantu.

Kamu juga jadi tahu di mana letak titik kemacetan yang sering terjadi, lokasi posko kesehatan, pom bensin, dan lain sebagainya.

Perhatikan Cara Berkendara

Foto pemudik yang akan pergi mudik/Shutterstock

Saat mengemudi dengan mobil pribadi, apalagi ke luar kota perhatikan cara berkendara yang benar. Budaya mengemudi di tiap daerah itu pasti berbeda-beda. Kadang ada keunikan setempat yang tidak biasa kita temui, misalnya di beberapa daerah ada hewan ternak yang biasa melintas.

Hal-hal seperti ini harus kamu ketahui ya gaes untuk mempermudah kamu berkendara di lokasi mudik nanti. Jangan lupa beristirahat kalau merasa sudah capek, ini juga akan menghindari kamu bisa mengontrol emosi dan lain sebagainya.

Memahami situasi yang ada di jalanan juga sangat penting untuk keselamatan kamu. Pastikan tidak ada kendaraan di belakang yang ingin mendahalui ketika ingin berbelok, dan lain sebagainya.

Selalu Update tentang Kondisi Lalu Lintas

Ilustrasi kendaraan yang sedang mengantre di pintu tol/Shutterstock

Menjelang puncak arus mudik nanti atau pada masa arus balik, pasti akan banyak akun resmi ataupun masyarakat yang memberikan informasi terkait dengan hal tersebut. Oleh karenanya, kamu harus update selalu mengenai kondisi jalan dan lain sebagainya.

Baca juga: “Jalur Pansela, Alternatif Mudik dengan Pemandangan Ciamik di Selatan Jawa

Hal ini bisa menjadi patokan kamu mengambil langkah, apakah melalui jalur alternatif atau tetap berada di jalan utama untuk menghindari kemacetan dan lain sebagainya.

Itu lah beberapa tips mudik dengan kendaraan pribadi dari Oppal yang bisa kamu lakukan ya Gengs. Semoga bermanfaat ya…

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.