Today in History: Donal Bebek Melakukan Debut Pertamanya di Layar Lebar

Donal Bebek awalnya hanya figuran, lho!

36
Today in History

Tepat pada tanggal 9 Juni 1934, salah satu karakter Disney yang kerap digambarkan sebagai bebek yang cerewet nan jenaka, Donal Bebek, melakukan debutnya di industri film dunia. Bagaimana kisah awal kemunculan Donal Bebek? “Today in History” akan membahasnya untuk Oppal Gengs.

Tokoh bebek yang kerap tampil menggunakan baju pelaut berwarna biru tersebut pertama kali muncul di dalam film kartun berjudul The Wise Litte Hen. Dalam film yang juga garapan Disney itu, Donal Bebek sebenarnya hanya mendapat peran figuran.

Foto Donal Bebek/Shutterstock

Gaya berbicara Donal memiliki kesan careless dengan raut wajah yang lucu. Saat berbicara, Donal cenderung berbicara layaknya seekor bebek karena suaranya yang parau. Suara parau ini kemudian yang menjadi daya tarik utama tokoh Donal Bebek.

Seiring berjalannya waktu, karakter Donal ternyata disukai oleh banyak orang. Pada tahun 1934, Donal Bebek kembali muncul di sebuah film pendek dengan judul The Orphan’s Benefit. Dalam film ini, lagi-lagi Donal Bebek menunjukkan keahlian mengomelnya dengan suara bebek yang khas.

Perjalanan Donal Bebek di industri film ternyata semakin sukses, meski dia memiliki karakter tukang ngomel, selalu cemberut, dan melakukan banyak hal ceroboh lainnya.

Foto Donal Bebek/Shutterstock

Tak ada yang menyangka bahwa Donal Bebek akan menjadi tokoh yang sangat diingat masyarakat, terutama di Indonesia. Kamu pasti setidaknya pernah melihat atau bahkan menonton Donal Bebek di layar TV. Biasanya, kartun yang satu ini ditayangkan di salah satu stasiun tv lokal pada hari Sabtu dan Minggu.

Di awal kemunculannya, Donal Bebek hanya seorang diri dan tidak ditampilkan memiliki keluarga. Namun, pada 1938 lewat film Donald’s Nephew, ia muncul bersama tiga keponakannya yakni Huey, Dewey, dan Louie atau biasa disebut sebagai Kwik, Kwek, dan Kwak.

Baca juga: “Today in History: Hari Laut Sedunia

Selain keponakan, Donal Bebek kemudian diberikan kekasih bernama Daisy Duck atau Desi Bebek. Kemudian, dari sini beberapa karakter bebek lain pun dimunculkan oleh sang illustrator, Carl Barks, lewat versi komiknya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Related Post