Today in History: Hari Kebebasan Pers Dunia

Selamat Hari Pers Sedunia bagi semua pewarta!

69
Today in History

Pada tanggal 3 Mei ini, ada banyak peristiwa sejarah yang terjadi. Tahu enggak, tepat pada tanggal ini di tahun 1993 silam, PBB menetapkan Hari Kebebasan Pers Dunia. Adanya hari ini juga menyusul rekomendasi sidang ke-26 Konferensi Umum UNESCO pada tahun 1991.

Peringatan itu tentu berdampak kepada kebebasan pers yang saat ini juga sudah dilindungi oleh undang-undang.

Sumber foto: Shutterstock

Selain itu, hari ini juga menjadi peringatan penting untuk dunia Radio. Pasalnya, di Amerika Serikat dan dunia tanggal 3 Mei dirayakan sebagai Hari Radio Publik. Penasaran dengan ceritanya? cek “Today in History” hari ini, edisi 3 Mei.

Hari Kebebasan Pers Dunia

Setiap tanggal 3 Mei, dunia merayakan Hari Kebebasan Pers Sedunia atau yang dikenal sebagai World Freedom Press Day. Hari Kebebasan Pers Dunia ditetapkan pada tahun 1993 oleh PBB, menyusul rekomendasi sidang ke-26 Konferensi Umum UNESCO tahun 1991.

Peringatan ini memiliki cerita yang panjang dan dilatar belakangi oleh Perang Saudara Afrika yang terjadi pada abad ke-20 yang banyak menyerang jurnalis.

Hari Kebebasan Pers Dunia ini juga diharapkan menjadi momentum untuk mengevaluasi pers yang tidak terikat oleh pihak mana pun. Hal ini sesuai dengan tujuan dasar dan fungsi utama pers, yaitu untuk mengedepankan kepentingan masyarakat.

Selamat Hari Pers Sedunia untuk semua pewarta di Indonesia dan dunia!

Hari Radio Publik

Sumber foto: Unsplash

Pada tanggal 3 Mei juga ada satu perayaan hari yang cukup menarik, namanya Hari Radio Publik. Perayaan ini pada awalnya hanya ada di Amerika Serikat, namun karena tantangan zaman dan menyebarnya informasi, maka hari ini kemudian menyebar ke banyak negara.

Adanya Hari Radio Publik ini diharapkan bisa memberi penghargaan kepada stasiun radio yang bertahan sampai sekarang dengan begitu banyaknya tantangan era digitalisasi.

Hari Radio Publik pertama kali ada di tahun 1990-an. Namun, tidak ada yang mengetahui secara pasti bagaimana asal usul perayaan hari ini. Meski begitu, selamat Hari Radio Publik untuk semua anak radio!

Ellyas Pical Jadi Juara Dunia Tinju IBF

Foto petinju Ellyas Pical/boombastis.com

Nama Ellyas Pical mungkin tak banyak anak muda tahu. Beliau adalah sosok legenda tinju Indonesia yang mendunia pada zamannya. Pada tanggal 3 Mei 1985, Ellyas Pical berhasil merebut gelar juara IBF kelas bantam Junior dari petinju Korea Chun Ju-do di Jakarta.

Ellyas Pical lahir di Ulllath, Saparua, Maluku Tengah, pada 24 Maret 1960. Ia adalah legenda tinju Indonesia dan petinju pertama Indonesia yang berhasil mendapatkan juara dunia. Ellyas adalah putra daerah asli Ullath dan keturunan dari keluarga besar Pical.

Baca juga: “Today in History: Selamat Hari Pendidikan Nasional

Terima kasih Ellyas Pical pernah menjadi yang terbaik untuk dunia tinju Indonesia!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.