Today in History: Hari Pencegahan Polusi Sedunia, Sampai Hari Konvensi Paus

Berbagai peristiwa penting di dunia dirayakan pada tanggal 2 Desember setiap tahunnya.

176
0
Today in History

Berbagai peristiwa penting di dunia dirayakan pada tanggal 2 Desember setiap tahunnya. Tidak hanya di dalam negeri, peringatan hari besar ini pun dirayakan di seluruh dunia. Semisal hari ini, ada peringatan Hari Pencegahan Polusi Sedunia.

Peringatan tersebut dibuat untuk meningkatkan kesadaran manusia mengenai pencemaran lingkungan dan dampak negatifnya terhadap kesehatan dan bumi.

Lalu, ada peringatan apa lagi yang terjadi hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Penghapusan Perbudakan Internasional

Hari Penghapusan Perbudakan Internasional selalu diperingati setiap tanggal 2 Desember setiap tahunnya. Hari ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran orang banyak dan memperkuat upaya dunia dalam memerangi perbudakan modern, seperti kekerasan seksual, perdagangan manusia, pekerja anak, kawin paksa, dan perekrutan paksa anak-anak untuk digunakan dalam konflik bersenjata.

Hari yang cukup bersejarah ini dideklarasikan oleh PBB pada tahun 2005 silam. Tanggal 2 Desember dipilih untuk menandai tanggal di mana Konvensi Pemberantasan Perdagangan Manusia dan Eksploitasi Pelacuran Orang Lain diadopsi oleh negara anggotanya pada 2 Desember 1949.

Hari Konvensi Paus

Paus merupakan salah satu mamalia laut yang dilindungi di dunia. Hari Konvensi Paus pada tanggal 2 Desember ini dirayakan untuk menandai lahirnya Konvensi Internasional terhadap Penangkapan Paus (ICRW) pada 1946.

Pada awalnya, konvensi ini dibuat untuk menyeimbangkan masalah konservasi dan pengelolaan stok paus dalam industri penangkapan paus. Namun, lama kelamaan peraturan tersebut sudah tidak relevan dengan zaman sekarang.

Tahun 1982, Komisi Penangkapan Paus Internasional (IWC) menetapkan aturan atau larangan perburuan paus komersial untuk sementara waktu agar populasi paus kembali pulih di seluruh dunia.

Hari Pencegahan Polusi Sedunia

Hari Pencegahan Polusi Sedunia selalu diperingati pada tanggal 2 Desember. Peringatan hari ini untuk meningkatkan kesadaran manusia bahwa pencemaran lingkungan dan dampak negatifnya terhadap keberlangsungan bumi perlu diperhatikan akibat adanya polusi.

Salah satu fokus utama dari pencegahan polusi ini adalah polusi plastik yang sangat berbahaya untuk keberlangsungan tanah dan bisa membunuh kehidupan di laut.

Tak hanya itu, polusi yang dihasilkan oleh berbagai industri juga terus mengancam kehidupan manusia. Oleh karenanya, dengan adanya peringatan Hari Pencegahan Polusi Sedunia ini diharapkan semua pihak dapat aktif dalam tindakan pencegahan untuk mengendalikan polusi.

Yuk, cintai bumi dengan mengurangi polusi.

Hari Literasi Komputer Sedunia

Pada tahun 2001 silam, Hari Literasi Komputer Sedunia selalu dirayakan pada tanggal 2 Desember setiap tahunnya. Hal ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan literasi komputer di kalangan masyarakat, terutama perempuan dan anak-anak.

Meski komputer kini sudah menjadi hal yang biasa di dunia, namun Hari Literasi Komputer Sedunia mengingatkan semua orang untuk berperan agar komputer mudah diakses bagi mereka yang kesulitan.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Editor's Pick