WhatsApp Luncurkan Fitur Baru yang Bisa Edit Caption di Foto dan Video, Begini Caranya

Sudah coba fitur teranyar ini?

47
WhatsApp Channels

WhatsApp (WA) meluncurkan fitur baru yang bisa membuat penggunanya mengedit caption atau teks keterangan pada media (foto, video, GIF, dokumen) yang dikirimkan ke chat atau ruang obrolan. Fitur ini merupakan hasil peningkatan dari fitur edit pesan yang sudah dirilis sebelumnya.

Fitur edit pesan ini telah hadir pada Mei lalu, dan memungkinkan penggunanya mengedit pesan teks biasa, bukan teks caption di foto atau video yang dikirim di WhatsApp. Fitur baru ini juga sudah dirilis secara publik untuk perangkat iOS dan Android. Tapi, fitur ini belum hadir secara merata.

Fitur ini masih belum tersedia untuk aplikasi WhatsApp dalam perangkat Android versi 2.23.16.76. Menurut WABetaInfo, fitur terbaru ini akan tersedia untuk seluruh pengguna dalam beberapa hari ke depan.

Pada fitur ini, pengguna cuma bisa mengubah caption foto atau video yang dikirim selama kurang dari 15 menit. Tapi, jika sudah lewat, maka caption yang ditulis enggak bisa diubah lagi.

Cara edit caption foto/video di WhatsApp

Fitur Baru WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp/shutterstock

Untuk cara mengedit caption yang sudah dikirim sama seperti mengedit teks biasa. Cukup dengan mengetuk dan menahan (tap and hold) pesan yang sudah dikirim. Kemudian akan muncul jendela menu di samping bubble chat atau gelembung chat yang dipilih. Klik tombol “Edit”.

Dengan mengeklik tombol tersebut, kamu bisa langsung mengedit just in case ada kesalahan ketik (typo) atau menambahkan informasi lainnya langsung di kolom “Message” (pesan).

Pesan yang sudah di-edit dan enggak di-edit nantinya bakal dibedakan. Untuk pesan yang diedit akan menampilkan informasi “Edited” di samping keterangan waktu. Posisinya ada di kanan bawah bubble chats. Contohnya “Edited 07.00”.

Tetapi, hal yang perlu dicatat adalah fitur edit caption ini hanya bisa dilakukan di perangkat yang sama. Kamu yang mengirim foto dengan teks menggunakan smartphone, enggak bisa mengubah caption itu lewat WhatsApp desktop. Caption hanya bisa diubah menggunakan smartphone.

Fitur Baru WhatsApp
Ilustrasi fitur terbaru WhatsApp/shutterstock

Anyway, buat kamu yang belum kebagian fitur anyar ini, kamu bisa mengeceknya dengan melakukan update aplikasi secara berkala di Google Playstore (Android) atau App Store (iOS).

Apakah kamu sudah mencoba fitur anyar WhatsApp ini? Bagaimana menurut kamu soal fitur edit caption ini, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!