WhatsApp Punya Fitur Baru, Bisa Digunakan Meski Akses Internet Dibatasi

Keren, WhatsApp kini punya fitur baru yang anti-blokir, lho!

216
0
WhatsApp

Gengs, tahu enggak, ternyata WhatsApp kini punya fitur baru yang anti-blokir, lho! Fitur baru ini memungkinkan penggunanya untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp lewat proxy meski akses internetnya dibatasi oleh kondisi tertentu.

Pernyataan ini juga dijelaskan di halaman resmi WhatsApp yang berbunyi: “Kami menyerahkan kendali ke tangan orang-orang yang mempertahankan akses ke WhatsApp jika mereka diblokir atau terkendala.”

WhatsApp
Ilustrasi gambar/shutterstock

Pihak WhatsApp melanjutkan, “Memilih proxy memungkinkan Anda terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi di seluruh dunia, didedikasikan untuk membantu orang berkomunikasi dengan leluasa.”

Tapi, meskipun akses bakal dilakukan lewat server yang berbeda kalau menggunakan proxy, WhatsApp tentunya memastikan pesan yang dikirimkan tetap terlindungi oleh enkripsi end-to-end.

Awalnya, WhatsApp mengatakan aplikasi ini enggak dirancang untuk bisa digunakan melalui VPN atau proxy. Info tersebut awalnya ada dalam halaman dukungan WhatsApp, lalu dihapus seiring dirilisnya dukungan proxy.

WhatsApp
Ilustrasi gambar/shutterstock

WhatsApp yang memiliki dukungan proxy kemudian digulirkan ke semua pengguna di seluruh dunia, baik itu pengguna iOS maupun Android. Meski begitu, kamu tetap harus memastikan bahwa aplikasi yang dipakai merupakan versi terbaru. Take note, ya, gengs.

Anyway, fitur baru ini diluncurkan setelah Iran membatasi akses ke aplikasinya beberapa bulan lalu, gengs. WhatsApp saat itu menerima berbagai laporan yang mengatakan kalau akses pengguna di Iran dibatasi ke aplikasi.

Pihak WhatsApp akhirnya merespons laporan itu dan melakukan berbagai upaya supaya pengguna bisa tetap mengakses aplikasi. Mereka juga berharap pemblokiran aplikasi enggak akan terjadi lagi di tahun ini, apalagi tindakan itu mengganggu hak asasi manusia.

Keren! Kira-kira fitur apalagi yang akan dikeluarkan oleh WhatsApp, ya, gengs?

via GIPHY

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *