Yeay! TRCC Berhasil Jadi Juara Umum di Kompetisi Paduan Suara Internasional!

128
TRCC Juara Kompetisi Paduan Suara Internasional

Kabar bahagia dan membanggakan datang dari kelompok paduan suara anak The Resonanz Children’s Choir (TRCC). Karena, TRCC kembali mengharumkan nama Indonesia setelah berhasil menjadi juara umum (Grand Prix) dalam kompetisi paduan suara internasional, Leonardo Da Vinci International Choral Festival di Firenze, Italia, Jumat (14/7) malam.

Selain menjadi juara umum, TRCC juga meraih juara kategori D (Children’s Choir) dengan nilai 94,3 dan juara kategori G (Popular, Folk, Gospel, Barbershop, Jazz, dan Modern Ensemble) dengan perolehan nilah 95,5. Bahkan, TRCC juga mendapatkan penghargaan sebagai paduan suara dengan koreografi terbaik.

TRCC Juara Kompetisi Paduan Suara Internasional
TRCC juara kompetisi paduan suara Internasional/Resonanz Music

Anyway, kelompok berkekuatan 51 penyanyi berusia 8-16 tahun ini dilatih oleh tim pelatih sekaligus konduktor yang di antaranya adalah Luciana Dharmadi Oendoen, Rainier Revireino dan David Hartono Chendra, dengan arahan dari direktur artistic, Avip Priatna.

Kompetisi Leonardo da Vinci International Choral Festival ini merupakan kompetisi paduan suara tahunan di kota Firenze, yang pada tahun ini masuk edisi kelima. Acara berlangsung sejak tanggal 11 Juli 2023 dan puncaknya pada 14 Juli 2023.

Kegiatan ini diprakarsai oleh organisasi paduan suara, Florence Choral, yang nggak pernah berhenti menyelenggarakan kompetisi dan festival paduan suara di Firenze.

Di kompetisi tersebut, TRCC mengikuti dua kategori, yaitu Kategori D – Children’s Choir, dan Kategori G – Popular, Folk, Gospel, Barbershop, Jazz and Modern Ensembles.

TRCC Juara Kompetisi Paduan Suara Internasional
Penampilan TRCC di Leonardo da Vinci International Choral Festival/Resonanz Music

Pada kategori D, TRCC tampil memukau para penonton yang hadir dengan tiga lagu pilihan bebas terikat, yaitu:

  • Mejikuhibiniu, sebuah lagu yang diciptakan khusus untuk koor anak-anak karya komposer Indonesia, Fero Aldiansya Stefanus.
  • Der Psalm 23 karya komposer Austria Franz Schubert
  • Ihauteri Habanerak karya komposer asal Spanyol, David Azurza

Di kategori D ini, TRCC dipimpin oleh konduktor Luciana Dharmadi Oendoen.

Sementara, pada kategori G, TRCC tampil membawakan lagu Guapparia, sebuah lagu karya Libero Bovio yang dipopulerkan oleh penyanyi Italia, Mario Merola. Lagu itu diaransemen secara khusus untuk TRCC oleh Vatara A. Silalahi.

Selain lagu tersebut, TRCC membawakan sebuah lagu berjenis Afro-American-Spiritual berjudul Steal Away,yang diaransemen untuk paduan suara sejenis oleh komposer Amerika Gwyneth Walker. Lagu itu merupakan salah satu dari beberapa lagu yang diiringi piano oleh pianis Daniel Adipradhana.

Di kategori G, TRCC juga membawakan lagu tradisional Indonesia yang berasal dari Minang berjudul Tak Tong Tong, yang diaransemen oleh Fero Aldiansya Stefanus. TRCC yang tampil dipimpin oleh konduktor Rainier Revireino mengenakan kostum yang terinspirasi dari baju tradisional Minang.

TRCC Juara Kompetisi Paduan Suara Internasional
Tim TRCC tampil mengenakan kostum asal Minang/Resonanz Music

Setelah tampil di dua kategori tersebut, TRCC akhirnya terpilih sebagai salah satu peserta yang maju ke babak Grand Prix untuk berkompetisi dan bersaing dengan 6 paduan suara lainnya, yaitu Bitung City Chorale, Cantoria Universidad De Puerto Rico en Arecibo, Chamber Choir of The Academy Music – University of East Sarajevo, Kem B’ix, Mahidol University Choir dan North Sulawesi GMIM Male Choir.

Pada babak Grand Prix, TRCC membawakan dua buah lagu, Gnothi Safton, sebuah lagu berbahasa Yunani karangan composer Amerika, Jim Populis, dan lagu yang merupakan karya orisinil untuk paduan suara anak dari komponis Fero Aldiansya Stefanus berjudul 137 Hip Street.

“Pencapaian TRCC kali ini adalah sesuatu yang sangat istimewa, mengingat tim TRCC yang kali ini berlomba adalah para anggota yang relatif baru, yang merupakan angkatan yang ketika awal latihan mengalami dampak pandemic Covid-19, sehingga latihan lebih banyak dilakukan secara online, saling berkirim video dan nggak bisa mengenal teman sesama timnya secara langsung,” kata Direktur Artistik TRCC, Avip Priatna.

“Ini adalah pertama kalinya angkatan ini mengikuti kompetisi di luar negeri. Kita semua bersyukur bahwa berkat kerja keras dan semangat yang laur biasa, dengan segala tantangan yang ada, anak-anak ini tetap dapat memberikan hasil yang maksimal,” lanjut Avip.

TRCC Juara Kompetisi Paduan Suara Internasional
Tim TRCC mengenakan kostum berwarna kuning/Resonanz Music

Dia juga berharap, ke depan angkatan baru ini juga bisa melanjutkan tradisi TRCC, yakni senantiasa membawa harum nama Indonesia di kancah internasional.

Wah, keren banget TRCC bisa juara dengan tim yang diisi anggota-anggota baru. Kalian sangat membanggakan! Selamat atas raihan juaranya dan semoga bisa semakin berprestasi ke depannya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!