7 Serial Drama Korea yang Bercerita Soal Mengejar Mimpi, Gen Z Wajib Nonton!

Mulai dari Dream High sampai Twenty-Five Twenty One, simak daftar lengkapnya!

77
Twenty Five Twenty One

Serial drama Korea enggak cuma bercerita soal kisah cinta romantis komedi yang lovey-dovey saja. Ada banyak K-drama yang inspiratif, yang bercerita mengenai perjuangan anak muda yang berusaha untuk mengejar mimpi mereka.

Mulai dari kisah seorang perempuan biasa yang berusaha untuk mengejar pekerjaan impiannya, seorang ayah muda yang berusaha untuk memperbaiki hidupnya dan membantu anak-anaknya meraih mimpi mereka, hingga seorang atlet muda yang berusaha untuk mencetak prestasi sebaik idolanya, berikut ini 7 serial drama Korea yang memberikan harapan serta membuat kita percaya bahwa segalanya itu mungkin selama kita konsisten dan percaya pada diri sendiri. Keep reading!

Fight for My Way

Tonton di: Netflix

Dikisahkan dua sahabat masa kecil, Ko Dong-man (diperankan oleh Park Seo-joon) dan Choi Ae-ra (diperankan oleh Kim Ji-won), bermimpi menjadi orang sukses saat dewasa. Namun, kehidupan mereka yang sederhana dan membosankan membuat mimpi menjadi sukses terasa begitu jauh dan sulit diraih.

Dong-man, yang berharap bisa menjadi ahli martial art terbaik, kehilangan rasa semangatnya dan meninggalkan ambisinya dengan menjadi pekerja lepas sejak pertarungan terakhirnya di atas ring mematahkan rasa percaya dirinya.

Di sisi lain, Ae-ra ingin sekali menjadi seorang presenter televisi sejak dirinya masih kecil, namun penolakan yang terus menerus ia terima di setiap wawancara dan audisi kerja membuatnya kehilangan harapan dan menerima takdirnya sebagai pegawai saleswoman biasa.

Serial drama ini menunjukkan seberapa jauh status ekonomi sosial mendikte posisi seseorang dalam masyarakat, apa yang bisa kita raih sebagai individu, serta seberapa rumit tantangan yang harus kita hadapi untuk mengejar mimpi jika kita berasal dari keluarga sederhana.

Seperti nama serialnya, Fight for My Way adalah drama yang bercerita mengenai kehidupan coming-of-age yang membuatmu menyadari bahwa di balik kesulitan hidup yang kita alami setiap harinya, harapan itu tetap ada selama kita konsisten dan berani untuk terus mencoba.

Record of Youth

Tonton di: Netflix

Seorang model muda dan aktor pendatang baru, Sa Hye-joon (diperankan oleh Park Bo-gum) memiliki penampilan yang rupawan dan talenta yang dibutuhkan untuk bisa sukses di dunia hiburan. Sayangnya, Hye-joon terlahir dalam keluarga dan lingkungan yang biasa saja, di mana orang-orang di sekitarnya tidak bisa banyak membantunya untuk bergerak maju di dunia hiburan.

Terjun ke dunia industri yang penuh intrik, terkadang koneksi dan kenalan lebih dibutuhkan untuk mendongkrak kesuksesan seseorang ketimbang memiliki kemampuan yang mumpuni. Inilah kurang lebih yang digambarkan dalam serial drama Record of Youth. K-drama tersebut memberikan insight mengenai apa yang sebenarnya kita butuhkan untuk bisa sukses di dunia hiburan.

Enggak cuma itu, Record of Youth juga menyelami dunia hiburan yang glamor yang ternyata penuh dengan tipu muslihat, di mana nepotisme, persaingan, kontroversi, dan skandal adalah hal yang biasa. Saat para karakter di drama ini berusaha untuk meniti karier, mereka menyadari bahwa terkadang demi meraih kesuksesan, kita perlu membuat pengorbanan. There’s always a price one needs to pay for life in the spotlight.

Start-Up

Tonton di: Netflix

Kenalkan, empat individu muda dengan mimpi setinggi langit dan ambisi seluas samudra untuk mendirikan perusahaan start-up yang sukses: Dal Mi (diperankan oleh Suzy), Nam Do-san (diperankan oleh Nam Joo-hyuk), In Jae (diperankan oleh Kang Han-na) dan Han Ji-pyeong (diperankan oleh Kim Seon-ho).

Banyak yang bilang bahwa berkecimpung di dunia bisnis bukanlah untuk mereka yang berjiwa lemah, dan keputusan untuk berani mengambil risiko adalah hal yang mendorong seseorang untuk sukses. Inilah yang dilakukan oleh Dal Mi dan kawan-kawan ketika mereka dipertemukan dalam Sandbox, sebuah perusahaan yang dikenal mampu menelurkan deretan start-up terbaik.

Mulai dari mengolah ide menjadi sebuah peluang, keempatnya belajar banyak hal selagi melintasi dunia investasi, akuisisi, dan merger yang sangat agresif. Start-Up adalah K-drama dengan narasi yang terjalin dengan baik tentang menemukan tujuan hidup, mengejar karier, mendalami cinta, serta mempelajari pentingnya sebuah persahabatan.

Dream High

Tonton di: Netflix

Dari deretan drama yang ada di artikel ini, bisa dikatakan Dream High adalah serial drama paling lawas yang bercerita mengenai perjuangan mengejar impian. Buat kamu yang bertanya-tanya: What does it take to be a K-pop idol, well, drama inilah jawabannya.

Serial musikal tentang enam orang remaja SMA Kirin Arts Academy ini bercerita tentang perjuangan yang perlu dilakukan untuk bisa masuk ke industri musik Korea.

Go Hye-mi (diperankan oleh Suzy) yang percaya diri dan memiliki talenta, berjuang untuk masuk ke dalam sekolah Kirin meskipun kalah dalam audisi. Baginya, sekolah itu adalah satu-satunya harapan baginya untuk bisa membesarkan adik perempuannya dan juga melunasi hutang ayahnya kepada rentenir.

Di sisi lain, Song Sam-dong (diperankan oleh Kim Soo-hyun), seorang anak desa, punya kemampuan musik di atas rata-rata meski menderita penyakit langka. Selan itu, ada juga Jin-guk (diperankan oleh Taecyeon), seorang mandiri yang berbakat, yang tanpa sadar mencari ketenaran untuk mendapatkan perhatian dari ayahnya.

Lalu, ada Yoon Baek-hee (Eun Jung), yang dikhianati oleh rekannya Hye-mi saat audisi dan berubah menjadi saingan Hye-mi. Juga ada Kim Pil-suk (IU) yang punya talenta luar biasa serta suara sempurna tetapi pemalu dan tidak percaya diri akan penampilannya. Dan terakhir, ada Jason (Wooyoung), seorang Korea-Amerika yang menunggu debut besarnya di K-pop.

Dream High adalah hiburan yang menyenangkan, dengan pelajaran berharga mengenai self-growth dan relationship yang perlu diketahui oleh para remaja.

18 Again

Tonton di: Netflix

Apa yang terjadi kalau kamu mendapatkan kesempatan kedua untuk kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahanmu? Hong Dae-young (diperankan oleh Yoon Sang-hyun), yang menikah muda dan putus sekolah, harus menerima nasibnya bekerja sebagai pegawai salesman biasa yang serba kesulitan.

Tumbuh di tengah kemiskinan, anger issue, dan rasa lelah yang menggerogotinya, ia membuat istrinya menyesal telah menikah muda. Hingga akhirnya istrinya, Jung Da-jung, memutuskan untuk bercerai.

Di sinilah ia kemudian mendapatkan kesempatan kedua untuk kembali menjadi muda dan memperbaiki kesalahannya. Dae-young muda (diperankan oleh Lee Do-hyun) pun berusaha sekuat tenaga untuk bisa memperbaiki kesalahannya dan mendukung kedua anaknya meraih cita-cita mereka.

Drama yang merupakan remake dari film 17 Again ini membuat para penontonnya merenungkan kembali perjalanan hidup mereka, dan memberi kesempatan pada mereka untuk berpikir soal apa yang perlu mereka lakukan untuk membuat hidup mereka penuh arti.

Run On

Tonton di: Netflix

“Saat berlari, kamu tidak memikirkan apa pun yang ada di belakangmu,” ujar Ki Seon-gyeom yang diperankan oleh Im Siwan dalam serial drama Run On. Bisa dibilang, kalimat itu merupakan satu dari sekian banyak kalimat berkesan yang diucapkan dalam serial Run On.

Dikisahkan seorang pria Ki Seon-gyeom, yang berani melawan para pelaku bullying dalam timnya meski tahu bahwa ia akan didiskualifikasi, dan sebagai gantinya menjadi pelatih atlet lari. Takdir membawanya untuk bertemu dengan Oh Mi-joo (diperankan oleh Shin Se-kyung), seorang penerjemah film yang penuh semangat, yang berani berdiri dengan dua kakinya sendiri untuk melawan seksisme di tempat kerjanya.

Keduanya melintasi kehidupan penuh self-discovery, dan belajar bahwa seringkali kita cenderung mengabaikan kebaikan diri sendiri demi suatu keinginan yang semu. Enggak cuma itu, Run On juga membahas beberapa masalah yang relate dengan kehidupan sehari-hari, seperti cara asuh anak yang toxic, bullying, kesenjangan sosial, serta kesetaraan gender. Meskipun dramanya agak lambat dan dialognya berat, serial ini punya jalan cerita yang lovable dan tidak mengecewakan.

Twenty-Five Twenty-One

Tonton di: Netflix

Menyelami kehidupan para atlet dan wartawan yang jauh dari gelimang harta, serial ini bercerita mengenai perjuangan para remaja dalam meraih impian mereka meski harus berkali-kali bertemu dengan kegagalan.

Dengan latar tahun 1998, diceritakan Na Hee-do (diperankan oleh Kim Tae-ri), seorang perempuan free-spirit yang pandai bermainanggar, yang terdaftar sebagai anggota tim fencing sekolahnya. Sayang, krisis keuangan di tahun 1998 yang disebabkan oleh IMF membuat timnya harus dibubarkan karena dianggap kurang berprestasi. Demi melanjutkan impiannya menjadi atletanggar yang sukses, ia pun pindah ke Taeyang High School, yang kemudian membawanya menjadi atlet nasional.

Di sekolah barunya tersebut, ia bertemu dengan idolanya, Ko Yu-rim (diperankan oleh Kim Ji-yeon), yang ternyata tak menyukai kehadiran Hee-do karena dianggap akan menjadi rival beratnya.

Di sisi lain, hiduplah Baek Yi-jin (diperankan oleh Nam Joo-hyuk), yang kehidupan keluarganya berubah 180 derajat karena krisis keuangan akibat IMF. Ia yang tadinya berasal dari keluarga kaya raya, kini bangkrut total. Yi-jin pun terpaksa berhenti kuliah dan mengambil beberapa pekerjaan part-time sekaligus demi bisa menghidupi dirinya dan adiknya.

Takdir kemudian membawa Yi-jin mendapatkan pekerjaan sebagai reporter kanal olahraga, yang mempertemukannya dengan Hee-do dan juga Yu-rim, dan kisah cinta di antara ketiganya pun dimulai.

Serial ini menceritakan banyak hal mengenai masa muda dan kehidupan remaja yang penuh tantangan dan tanda tanya, juga impian orang tua dan anak yang sering kali bertabrakkan. Dengan tema retro-sentimental, drama Korea ini juga mengingatkan kita akan rasa cinta yang tak harus saling memiliki, namun saling mendukung satu sama lain.

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.