Jadi Solusi Polusi Udara, Dyson Rilis Purifier Big+Quiet Formaldehyde, Penjernih Udara Ruangan yang Hemat Energi dan Tanpa Suara

Tersedia dalam dua pilihan warna!

47
Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde

Setelah penelitian selama bertahun-tahun pada bidang aliran udara, aerodinamika, dan sistem filtrasi, Dyson akhirnya merilis Dyson Big+Quiet Formaldehyde di flagship store Dyson Indonesia, Pondok Indah Mall 3, Jakarta pada Rabu (12/07). Penjernih udara paling kuat dan paling hening dari Dyson ini dirancang untuk bisa digunakan dalam ruangan besar, dengan filtrasi terhadap polusi udara yang lebih baik, sensor dengan kecerdasan canggih, hingga mampu untuk menjernihkan ruangan hingga luas 100m2.

Penjernih udara Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde dilengkapi dengan sistem Cone Aerodynamics yang mampu mengedarkan udara murni sejauh 10 meter, filter K-Carbon baru untuk menangkap dua kali lebih banyak NO2 dibanding model sebelumnya, serta sensor baru untuk mendeteksi CO2.

Walau dengan kemampuan proyeksi seluas ini, penjernih udara Dyson beroperasi hanya dengan 56 desibel suara, menjadikannya penjernih udara terkuat dan terhening.

Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde
Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde

“Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde merupakan pertama kalinya Dyson memperkenalkan penjernih udara berukuran besar. Produk ini khusus dirancang untuk menjernihkan udara dengan tenang bahkan dalam kekuatan penuh, efisien, dan yang paling penting, secara menyeluruh di ruangan yang luas,” ujar Matt Jennings, Dyson Engineering Director – Environmental Care.

“Proyeksi kuat yang menjangkau hingga 10 meter memastikan sirkulasi udara bersih hingga ke setiap sudut ruangan. Sehingga, kamu tidak perlu lagi merasa terganggu oleh suara dari penjernih udara dengan proyeksi yang tidak efisien,” tambahnya.

Buat kamu yang penasaran apa saja kelebihan Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde dibandingkan dengan penjernih udara lainnya, simak di bawah ini:

Cone Aerodynamics baru hasilkan proyeksi kuat di ruangan seluas hingga 100m2

Dengan Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde, para insinyur Dyson memecahkan tantangan proyeksi penjernih udara yang lemah di ruangan luas. Umumnya, penjernih udara berukuran besar mengedarkan udara ke arah atas. Namun, Dyson mengembangkan sistem edaran udara yang hemat energi dan bertekanan rendah untuk mengatasi masalah tersebut dengan menciptakan Cone Aerodynamics.

Alat ini mampu mengedarkan dua kali lipat aliran udara dibandingkan model sebelumnya. Proyeksi edaran udara yang kuat sangat penting untuk memastikan agar mesin mampu mengedarkan udara bersih ke setiap sudut dan mengalihkan kembali udara kotor ke dalam filter.
Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde dapat mengedarkan udara di sudut 0 derajat hingga 50 derajat, tergantung pada preferensi pengguna.

Tiga fase filtrasi yang tersegel rapat

Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde
Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde

Layaknya semua penjernih udaraDyson, Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde juga memiliki sistem filtrasi HEPA tingkat H13 yang tertutup rapat, memastikan udara yang telah dijernihkan diedarkan kembali ke ruangan. Terlebih lagi, para insinyur Dyson menyempurnakan kinerja filtrasi dengan meningkatkan kemampuan ketiga lapisan filtrasi serta masa pakainya.

1. Filter partikel HEPA tingkat H13

Dibuat dari serat borosilicate sepanjang 21 meter yang dilipat 459 kali (setara dengan dua kasur berukuran king atau 127 lembar kertas A4) untuk menangkap 99,95% polutan, termasuk debu dan alergen sekecil 0,1 mikron. Filter yang lebih besar ini dapat bertahan hingga lima tahun dan diganti secara terpisah dengan filter karbon, sehingga mengurangi limbah. Psst, HEPA filter-nya bisa bertahan sampai 5 tahun, lho!

2. Filter K-Carbon

Model terbaru ini mampu menghilangkan gas, khususnya NO2, yang dihasilkan dari aktivitas seperti memasak atau udara lalu lintas yang masuk ke dalam rumah ketika jendela atau pintu dibuka.

Filter K-Carbon memerangkap NO2 tiga kali lebih banyak dibandingkan filter sebelumnya karena kalium karbonat mengikat partikel NO2 secara kuat dan pada akhirnya meningkatkan keampuhan penangkapan.

3. Filter Selective Catalytic Oxidation (SCO)

Dyson memiliki lapisan unik, dengan struktur yang sama dengan mineral Cyrptomelane, di mana perangkat ini akan memecah molekul formaldehida menjadi butiran air dan CO2. Selanjutnya, dengan bantuan oksigen dari udara, formaldehida terus dihancurkan, tanpa harus mengganti filter.

Ruangan yang tenang walau menyetel kekuatan penuh

Tim ahli akustik dan insinyur spesialisasi suara dan getaran Dyson merancang ulang wadah motor untuk menghasilkan sistem bertekanan rendah dan berkecepatan tinggi agar Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde mengedarkan aliran udara secara maksimal dengan suara seminim mungkin.

Tim ahli Dyson menggunakan peredam broadband Helmholtz serta memasang motor penggerak dalam kompresor yang berhasil mengisolasi getaran motor mesin sebelum getaran teramplifikasi.

Sensing dan monitoring

Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde dilengkapi serangkaian sensor yang terintegrasi. Algoritma Dyson yang unik akan memeriksa ulang data per detik, menganalisis udara, dan secara otomatis menyesuaikan terhadap perubahan lingkungan untuk menjernihkan udara, lalu menampilkan hasilnya secara real-time di layar LCD dan aplikasi My Dyson.

Aplikasi My Dyson ini juga dapat digunakan sebagai pengendali jarak jauh bahkan dapat dari luar rumah, untuk menjadwalkan dan memantau penjernihan.

Selain sensor yang telah ada untuk mendeteksi polutan PM2.5 dan PM10, NO2, senyawa organik volatil (VOC), temperatur, serta kelembapan, Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde juga dilengkapi dengan sensor CO2 yang baru. Kadar CO2 yang tinggi dalam ruangan tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga kemampuan kognitif kita. Sensor baru ini akan secara akurat melaporkan kapan level CO2 melampaui batas yang direkomendasikan.

Teruji secara nyata

Uji standar untuk penjernih udara, Clean Air Delivery Rate (CADR), telah digunakan sejak tahun 1980-an. Teknologi penjernih udara telah berubah secara signifikan sejak saat itu. Meski uji coba dilakukan dalam ruangan kecil dengan luas 12m2 menggunakan hanya satu sensor dan pencampur udara artifisial, uji ini masih digunakan untuk memprediksi kinerja penjernih udara di rumah.

Selain mengikuti uji CADR, Insinyur Dyson juga membangun ruang uji coba yang lebih besar lagi, yaitu seluas 100m2 di kampus Dyson di Hullavington, Inggris. Ruangan ini dilengkapi 36 sensor untuk membaca secara akurat kemampuannya menjernihkan udara dalam ruangan yang luas.

Harga Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde

Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde
Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde Prussian Blue + Gold (kiri) dan Bright Nickel + Prussian Blue (kanan)

Saat ini, Dyson Purifier Big+Quiet Formaldehyde tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Bright Nickel + Prussian Blue dengan harga Rp18.999.000,-, serta Prussian Blue + Gold yang lebih eksklusif serta teknologi lebih terdepan dengan harga Rp20.299.000,-.

Tersedia mulai 18 Juli 2023, Dyson Big+Quiet Formaldehyde dapat dibeli dari www.dyson.co.id, atau Toko Demo Dyson dan Mall Demo Zone di seluruh Indonesia seperti di Pondok Indah Mall 3 dan Grand Indonesia.

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.