Kabar segar bagi para penikmat es kopi susu dengan harga yang terjangkau, karena Janji Jiwa kini punya beberapa inovasi dan keseruan yang bakal memudahkan kamu mendapatkan segelas kopi kesayangan. Yup, di ulang tahun yang ke-5 ini, Janji Jiwa memperkenalkan konsep outlet yang baru, serta menghadirkan “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa” (KSJ) buat para Sejiwa. Enggak cuma itu, Janji Jiwa juga kini punya logo baru yang fresh dan lebih kekinian.
CEO dan Founder Jiwa Group, Billy Kurniawan, mengungkapkan, “Dalam perjalanan Janji Jiwa di tahun ke-5 ini, Janji Jiwa menyadari bahwa dalam keseharian masyarakat Indonesia, mereka membutuhkan excitement atau keseruan baru di setiap harinya. Oleh karena itu, Janji Jiwa hadir dengan satu janji baru ‘Keseruan Baru Tiap Hari’ yang ditunjukkan melalui perayaan perjalanan Janji Jiwa yang kelima lewat logo yang semakin dinamis, serta konsep outlet yang lebih kekinian.”
Tak hanya itu, kami juga menghadirkan ‘Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa’ sebagai inovasi terbaru dari Janji Jiwa untuk melayani segmen pasar yang lebih luas dengan menghadirkan sajian minuman kopi yang berkualitas,” tambah Billy.
Keseruan baru, Janji Jiwa hadirkan semangat baru!
Janji Jiwa kini sudah memiliki lebih dari 900 outlet yang tersebar di lebih dari 100 kota dan kabupaten di Indonesia, di mana lebih dari 400 outlet menawarkan Jiwa Toast.
Dalam perayaan ulang tahun kelima, Janji Jiwa juga menghadirkan logo baru yang diberi julukan Pinky dengan visualisasi jari kelingking atau yang biasa disebut pinky finger. “Visual jari kelingking ini dipilih karena ‘hubungan janji’ yang biasanya disimbolkan dengan gestur jari kelingking, dan diimbangi dengan tampilan palet warna baru yang memberikan kesan gembira seperti warna merah muda dan ungu yang terinspirasi dari warna asli buah ceri kopi. Perpaduan warna yang kontras ini merupakan manifestasi semangat dan keseruan dalam menghadapi berbagai tantangan dan rasa bosan yang kerap muncul,” ujar Billy.
Gamaliel, musisi Indonesia sekaligus guest barista Janji Jiwa yang juga hadir dalam acara press conference Janji Jiwa 5th Anniversary pada Jumat, (15/09), menambahkan, “Bagi saya, Janji Jiwa sudah menjadi teman yang selalu berhasil membawa keseruan di dalam rutinitas sehari-hari saya. Dengan konsistensi inovasi yang selalu dihadirkan Janji Jiwa untuk para penikmat kopi dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan muda baik pelajar hingga pekerja dari berbagai industri, saya percaya Janji Jiwa dapat membantu saya dan teman-teman di industri kreatif untuk bisa menciptakan ekosistem berkarya yang positif dan kreatif.”
Janji baru untuk lebih ramah lingkungan
Bersamaan dengan rebranding ini, Janji Jiwa juga turut memperkenalkan salah satu inovasi cup baru Janji Jiwa yang berbahan r-PET (recycled polyethylene terephthalate). Dengan menggunakan cup berbahan r-PET Janji Jiwa dapat mengurangi angka penggunaan plastik murni setidaknya 200 ton per tahun. Hal ini merupakan komitmen Janji Jiwa untuk mengurangi limbah plastik melalui kerjasama dengan partner-partner strategis dalam pengelolaan limbah.
Serba Baru di Janji Jiwa
Selain memperkenalkan logo baru dalam perayaan ulang tahun kelima ini, Janji Jiwa juga
menghadirkan outlet berkonsep baru yang mengedepankan offline experience dengan design
outlet yang lebih exciting sesuai dengan konsep baru Janji Jiwa untuk memberikan pengalaman
baru bagi setiap pelanggan.
Konsep baru Janji Jiwa akan difokuskan pada pembaharuan consumer journey mulai dari cara
pemesanan produk (melalui self service kiosk), pengambilan produk (melalui restaurant paging
system) dan melengkapi pengalaman menikmati produk (dengan inovasi pada packaging dan
menu pilihan).
Selain itu, menunya pun kini jauh lebih beragam dengan hadirnya JOE Series (“Jiwa Origin Espresso”) yang menggunakan biji kopi pilihan dan hanya tersedia di outlet konsep baru, hingga varian non-kopi lainnya.
Dalam konsep terbaru ini, Janji Jiwa juga menghadirkan lebih banyak pilihan menu makanan kategori quick serve meal mulai dari toast, bakmi, nasi, camilan (seperti singkong goreng, pisang goreng), sampai hidangan penutup (seperti ice cream). Saat ini konsep gerai baru Janji Jiwa hadir di 5 (lima) lokasi yakni Equity Tower, RSUP Fatmawati, Summarecon Mall Serpong, KAI Palmerah, dan KAI Sudirman.
Ulang tahun yang kelima ini juga menandai peluncuran “Mobile Coffee Cart: Kopi Sejuta Jiwa” untuk menyentuh para pencinta kopi yang lebih luas. Sebanyak 50 sepeda berdaya listrik yang ramah lingkungan akan berkeliling menjangkau para pelanggan dan menawarkan produk-produk unggulan, baik kopi maupun non-kopi, dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp8.000,- hingga Rp10.000,-.
“Sejuta Jiwa berasal dari kata ‘Sejuta Umat’ yang artinya milik semua orang. Nama ini mencerminkan tujuan dari Janji Jiwa untuk dapat memberikan akses kepada para pelanggan Janji Jiwa menjadi lebih mudah menikmati Kopi Janji Jiwa kapan pun dan di mana pun serta melayani segmen pasar yang lebih luas dengan menghadirkan sajian minuman kopi yang berkualitas,” ujar Billy.
Dengan tujuan utama untuk mendukung masyarakat menjadi pelaku UMKM, Janji Jiwa menerapkan pendekatan melalui bentuk kemitraan yang akan bekerja sama dengan local partners dalam mendukung kegiatan operasional bagi mitra Kopi Sejuta Jiwa.
Janji Jiwa memiliki misi untuk dapat mencapai total satu juta Mitra mobile yang dapat melakukan wirausaha mandiri lewat program kemitraan Kopi Sejuta Jiwa dan mendorong setiap pelaku UMKM untuk dapat menjadi pengusaha kopi yang andal melalui pembinaan yang akan dilakukan secara berkala oleh Jiwa Group kepada setiap mitra.
Saat ini, KSJ akan mencakup wilayah penjualan mulai dari Jakarta Barat, Kemanggisan, Duri
Kosambi, Greenville, dan Brigjen Katamso. Kemudian Jakarta Pusat, mulai dari Sudirman,
Tanah Abang, Kebon Kacang, hingga Cideng. Serta di area Jakarta Selatan seperti daerah
Bendungan Hilir dan Cilandak.
Wah, makin gampang nih, beli es kopi susu kesayangan. Happy anniversary, Janji Jiwa!