Indonesia Negara Penghasil Kopi, Ini Daerah dengan Kopi Terbaik

Dari Aceh sampai NTT memiliki kopi dengan aroma yang khas dan terbaik.

105
Kopi

Kopi merupakan minuman yang sangat akrab dengan gaya hidup masyarakat Indonesia. Rasanya tak lengkap jika bangun pagi tak menyeruput segelas kopi beserta dengan beberapa gorengan yang menjadi teman.

Selain dikenal sebagai negara maritim, ternyata Indonesia juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Nah, kepopuleran kopi ini ternyata sangat mendunia lho Gengs. Selain memang kopi menjadi minuman yang akrab dengan masyarakat kita.

Berdasarkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kopi Indonesia pada tahun 2022 mencapai 794,8 ribu ton, meningkat sekitar 1,1% dibanding dengan tahun sebelumnya, banyak banget kan.

Well, untuk mengetahui provinsi mana saja penghasil kopi terbanyak di Indonesia, berikut OPPAL berikan informasi lengkapnya.

Sumatra Selatan

Ilustrasi biji kopi/Unsplash

Sumatra Selatan menjadi daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia dengan total 212,4 ton di tahun 2022. Provinsi ini juga masuk ke dalam salah satu provinsi sentra produksi kopi nasional. Kopi dari Sumatra Selatan ini memiliki jenis Robusta dengan kualitas biji yang dihasilkan tidak kalah dari daerah luar provinsi Sumatra Selatan.

Lampung

Ilustrasi biji kopi/Unsplash

Tak jauh dari Sumatra Selatan, Provinsi Lampung juga ternyata menjadi salah satu daerah penghasil kopi nasional dengan total jumlah 124,5 ton selama tahun 2022. Lampung sangat terkenal dengan biji kopi Robusta yang memiliki rasa seperti karamel dan nutty yang membedakannya dengan jenis biji kopi lain.

Sumatra Utara

Ilustrasi kopi yang ada di dalam gelas/Unsplash

Siapa yang tidak kenal dengan Kopi Sidikalang? Kopi ini menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa saat teman kamu yang orang Sumatra kembali dari kampung halaman. Pada tahun 2022, wilayah Sumatra Utara berhasil menyumbangkan 87 ribu ton kopi dan menjadikannya salah satu provinsi terbesar penghasil kopi di Indonesia.

Aceh

Ilustrasi biji kopi/Unsplash

Provinsi Aceh juga menjadi salah satu provinsi terbesar penghasil kopi yang ada di Indonesia. Kopi Aceh memiliki cita rasa yang khas dan tidak dimiliki oleh daerah lain. Contohnya adalah Kopi Gayo yang memang sudah sangat terkenal di Indonesia. Cita rasa dari Kopi Gayo ini agak sedikit pahit namun kental dan terasa sangat pas ketika sampai di lidah penikmatnya.

Bengkulu

Ilustrasi biji kopi/Unsplash

Pada tahun 2022, Bengkulu menjadi provinsi dengan pencetak kopi terbesar nomor lima dengan 60,1 ton kopi. Kopi yang ada di Bengkulu terkenal dengan jenis Robusta. Bahkan, Bengkulu beserta dengan Sumatra Selatan dan Lampung masuk ke dalam segitiga emas kopi di Indonesia.

Nusa Tenggara Timur

Ilustrasi biji kopi/Unsplash

Nusa Tenggara Timur (NTT) ternyata jadi penghasil kopi berkualitas terbaik di Indonesia. Pada tahun 2022, NTT menghasilkan sebanyak 26,6 ribu ton kopi. Dan ini menjadikannya provinsi terbesar penghasil kopi di Indonesia.

Baca juga: “Bukan Cuma Nikmat, Kopi Ternyata Bisa Bikin Lebih Happy dan Produktif Lho!

Kalau kamu, suka kopi dari mana? Kalo Minpal sih Kopi Sidikalang hehehe.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.