7 Aplikasi Buat Temani Perjalanan Mudik Lebaran Kamu Supaya Enggak Boring

Dari aplikasi penunjuk jalan sampai hiburan, semua ada di sini!

96
Aplikasi untuk Mudik Lebaran

Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia mulai kembali melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara dan keluarga, baik dengan mobil pribadi, kereta api, atau pesawat.

Bagi kamu yang menggunakan mobil pribadi dan kereta api, perjalanan mudik bisa jadi panjang, boring, dan melelahkan. That’s why, mengunduh aplikasi-aplikasi hiburan di ponsel bisa jadi faktor penting biar kamu enggak bosan saat mudik.

Aplikasi-aplikasi di ponsel bisa membantu navigasi sampai memberikan hiburan dan informasi sepanjang perjalanan. Penasaran apa saja? Sebelum mudik, yuk, unduh beberapa aplikasi ini.

1. Musik dan film

Aplikasi untuk Mudik Lebaran
Ilustrasi aplikasi Spotify/shutterstock

Musik memang jadi teman perjalanan terbaik, setuju? Biar enggak mati gaya, kamu bisa menyiapkan playlist andalanmu sebelum melakukan perjalanan mudik. Spotify, JOOX, YouTube Music, sampai Apple Music bisa jadi opsi kamu untuk aplikasi musik. Sedangkan untuk film dan serial TV, kamu bisa mengunduh dan berlangganan Netflix, Disney+ Hotstar, Prime Video, HBO Go, dan lainnya.

2. Maps atau penunjuk arah

Aplikasi untuk Mudik Lebaran
Ilustrasi Google Maps/shutterstock

Aplikasi penunjuk arah atau maps merupakan aplikasi yang wajib kamu miliki selama melakukan perjalanan mudik. Sebab, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk menunjukkan rute perjalanan selama mudik.

Apabila kamu menghadapi kondisi jalanan yang macet, aplikasi penunjuk arah adalah solusi. Dengan aplikasi penunjuk arah atau maps, kamu akan diarahkan dengan alternatif rute lain yang bisa ditempuh untuk sampai ke tujuan lokasi mudikmu dengan lebih cepat.

Google Maps dan Waze adalah aplikasi yang paling umum dipakai untuk navigasi pemudik.

3. CCTV online

Aplikasi untuk Mudik Lebaran
Aplikasi Travoy/bumntrack.co.id

Aplikasi untuk menemani perjalanan mudik berikutnya adalah aplikasi spesifik untuk memantau CCTV online. Dengan CCTV online, kita bisa memantau jalan tol yang akan kita lewati secara real time untuk mudik atau arus balik nanti.

Aplikasi CCTV online yang bisa kamu gunakan adalah Travoy. FYI gengs, aplikasi ini dibuat oleh Kementerian PUPR dan Jasa Marga. Kamu bisa memantau CCTV jalan tol dan informasi lainnya seputar jalan tol di sini. Keren!

4. Game offline

Aplikasi untuk Mudik Lebaran
Ilustrasi aplikasi game offline/unsplash

Perjalanan mudik ke kampung halaman terkadang membuat kita melewati daerah pelosok yang enggak sepenuhnya terjangkau oleh koneksi internet. Nah, biar kamu enggak bosan saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, kamu bisa bermain game offline di handphone kamu.

Enggak ada salahnya untuk mengunduh dua atau tiga game offline untuk dimainkan selama perjalanan mudik, semisal seperti Samorost, Machinarium, Monument Valley dan permainan serupa lainnya.

5. Edit foto dan video

Aplikasi untuk Mudik Lebaran
Ilustrasi aplikasi VSCO/shutterstock

Perjalanan mudik juga sering melewati tempat-tempat yang punya pemandangan cantik dan luar biasa indah, YANG bisa memanjakan matamu selama di perjalanan. Jangan sampai kamu melewatkan momen perjalanan tersebut, ya. Gunakan kamera ponselmu untuk mengabadikannya biar mudik makin berkesan.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit foto untuk menghasilkan foto-foto yang telah kamu abadikan menjadi semakin estetik dan menarik. Aplikasi edit foto dan video yang bisa kamu download adalah Capcut, Snapseed, Adobe Lightroom, dan VSCO.

6. Booking hotel dan transportasi

Aplikasi untuk Mudik Lebaran
Aplikasi Traveloka/shutterstock

Buat kamu yang melakukan perjalanan mudik lebaran, aplikasi berikutnya yang bisa kamu siapkan adalah aplikasi booking hotel dan transportasi. Aplikasi booking hotel ini dibutuhkan banget jika kamu enggak menginap di rumah sanak saudara, atau ada kebutuhan menginap di tengah perjalanan.

Selain itu, aplikasi pemesanan transportasi juga dibutuhkan kalau kita mudik menggunakan kendaraan umum. Tujuannya sudah pasti untuk memudahkan kita saat memesan tiket perjalanan, sehingga enggak perlu antre di terminal maupun stasiun.

Tiket.com, Traveloka, dan Agoda menjadi pilihan populer. Ada juga KAI Access dan Redbus untuk kendaraan umum antar kota dan provinsi.

7. Berita dan informasi terkini soal mudik lebaran

Aplikasi untuk Mudik Lebaran
Ilustrasi aplikasi berita/unsplash

Buat kamu yang mudik ke kampung halaman wajib punya aplikasi berita untuk mengetahui informasi terkini mengenai mudik Lebaran. Lewat aplikasi ini, kamu jadi bisa tahu pantauan arus mudik, titik kemacetan, dan kejadian-kejadian yang bisa berpotensi menganggu perjalanan mudik lebaran.

Well, itu dia 7 aplikasi yang wajib kamu install saat melakukan mudik ke kampung halaman untuk menemani perjalananmu supaya enggak boring dan lebih berkesan. Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan. Enjoy your ride, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post