AHM Best Student 2022 Apresiasi Karya Para Pelajar, dari Cairan Biodiesel Sampai Susu dari Biji Kapuk

AHM Best Student 2022 berikan apresiasi bagi tiga pelajar SMA yang berhasil memberikan ide atau temuan dengan tujuan pembangunan.

206
0

PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penghargaan bagi para pelajar SMA multitalenta terbaik pada puncak gelaran Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2022 yang berlangsung pada Sabtu, 24 September 2022.

AHM Best Student

Tahun ini, AHM Best Student 2022 mengangkat tema “Berkreasi Menebar Inspirasi” yang menyeleksi karya 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Ada dua kategori yang dilombakan pada ajang kali ini, yakni ide dan invensi/temuan dengan topik Social Development Goals (SGD’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan, serta didukung keaktifan siswa dalam kegiatan sosial hingga non akademik.

Dari hasil seleksi nasional, akhirnya AHM memberikan apresiasi tertinggi level gold untuk ide terbaik kepada Vania Halyadevi dari SMAN 3 Yogyakarta. Siswi ini berhasil memberikan ide meningkatkan kesehatan pada balita melalui pembuatan susu dari olahan biji kapuk yang ada di lingkungan sekitarnya.

Pada kategori invensi, Sekar Ayu Ramadhani dari SMAN 8 Malang, Jawa Timur, berhasil mendapatkan apresiasi tertinggi level gold melalui karya mesin pengering biji kopi dengan tenaga surya sebagai sumber energi penggerak sistem kerja mesin.

Oleh karena ide ini, kinerja mesin dapat memangkas waktu proses pengeringan menjadi hanya 1 hari dari sebelumnya 14 hari menggunakan tenaga matahari langsung.

“Alhamdulillah saya berhasil meraih Level Gold pada AHM Best Student 2022. Terima kasih untuk dukungannya. Semoga karya saya ini dapat bermanfaat untuk petani kopi di daerah kabupaten Malang serta menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia,“ ujar Sekar Ayu dalam press release yang diterima redaksi Oppal.

Tak kalah menarik, ide dari Lu’li’a Fauzia Nurdin siswa SMAN 1 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, berhasil meraih apresiasi level silver dengan mengusung tema kesehatan berupa beras analog dari umbi porang dan tulang sotong.

Pada level bronze, Ardi dari SMKN 1 Suak Tapeh, Banyuasin, Sumatra Selatan, menggunakan alat rumah tangga sederhana untuk menghasilkan karya pemanfaatan lemak sapi menjadi cairan biodesel, sabun batang dan sabun cair.

Ahmad Muhibbuddin, General Manager Coporate Communication AHM mengatakan penyelengaraan AHM Best Student hingga dua dekade ini merupakan bukti konsistensi perusahaan dalam menggali potensi SDM unggul berkarakter khas anak muda di Tanah Air.

Dengan tema kegiatan Care, Creative & Confident, perusahaan berusaha mengelaborasi sekaligus mengapresiasi karya-karya anak muda yang diharapkan dapat memberikan inspirasi dalam berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

“Kami terus menantang para siswa berpikir kritis dan kreatif sehingga menghasilkan karya yang mampu menjawab isu-isu sosial dan lingkungan yang ada. Kami melihat beragam ide dan temuan dari siswa SMA menarik untuk dikembangkan lebih lanjut melalui penyempurnaan sesuai standar yang berlaku. Apresiasi tinggi kami sampaikan bagi seluruh peserta yang telah mengatur waktu di tengah kesibukan studi untuk terus berkarya dan berprestasi,” ujar Muhib.

Selamat kepada para pelajar yang terpilih! Semoga karya-karya yang dihasilkan dapat terus dikembangkan untuk teknologi yang lebih baik.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post