Deretan Tol Unik di Indonesia, Ada yang Bisa Dilalui Kendaraan Roda Dua, Lho!

Ada yang jadi area perlindungan satwa, sampai singing road. Cek, yuk!

99
Tol

Jalan tol memang menjadi salah satu pilihan akses terbaik untuk bepergian jarak jauh. Saat ini, menjelang Lebaran 2023, jalan tol dipersiapkan untuk menjadi salah satu akses yang bisa digunakan secara maksimal oleh masyarakat Indonesia.

Di luar kegunaannya sebagai akses transportasi, ternyata di Indonesia ada beberapa jalan tol yang masuk ke dalam kategori unik, lho. Tol-tol unik ini tersebar di Indonesia, mulai dari Pulau Sumatra sampai Pulau Bali. Ada yang punya pemandangan indah di balik gerbang tolnya, sampai ada jalan tol yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua!

Penasaran apa saja? Cek yuk, deretan tol unik di Indonesia!

Jalan Tol Bali-Mandara

Foto Tol Bali-Mandara/Shutterstock

Jalan Tol Bali-Mandara memiliki panjang 12,7 kilometer dan terletak di Provinsi Bali. Jalan tol Bali-Mandara ini menjadi jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas permukaan laut.

Selain itu, Jalan Tol Bali-Mandara ini juga menjadi jalan tol atas air terpanjang di dunia. Jalan tol ini juga memiliki jalur khusus yang diperuntukkan untuk pesepeda motor. Kalau kamu mengunjungi Bali, kemungkinan besar kamu sudah melewati jalan tol ini. Hayo, sudah pernah ke sini belum?

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Foto Tol Dumai/Shutterstock

Apa yang unik dari Jalan Tol Pekanbaru-Dumai? Ternyata jalan tol ini dibuat untuk melindungi habitat dan keselamatan satwa gajah yang hidup di sekitar jalan tol!

Di jalan tol ini juga ada enam terowongan perlintasan gajah yang terhubung dengan delapan kantong gajah di mana merupakan area tempat mereka tinggal. Terowongan ini juga dibuat menyesuaikan dengan habitat asli para gajah-gajah ini. Cool, cool, cool.

Jalan Tol Semarang-Solo

Foto Tol Salatiga/Shutterstock

Jalan Tol Semarang-Solo yang juga dijuluki sebagai Panoramic Toll Road ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indah. Pemandangan yang tersaji mulai dari lereng bukit, pegunungan, sampai dengan persawahan yang sangat menyegarkan mata.

Di ujung gerbang tol yang dikenal dengan nama Gerbang Tol Salatiga, terdapat pemandangan yang sangat mengagumkan. Kalau kamu menggunakan tol ini dari arah Jakarta, kamu akan disajikan oleh pemandangan bukit persis di belakang Gerbang Tol Salatiga ini. Pemandangan ini mirip dengan salah satu jalan yang ada di negara Swiss, Eropa. Cantiknya!

Singing Road Tol Ngawi-Kertosono-Kediri

Penampakan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri/Website Kementerian PUPR

Melihat dari akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri terletak di dua titik. Titik pertama ada di Km 616 sementara titik kedua berlokasi di KM 644+200 B.

Baca juga: “Tarif Tol Bogor Outer Ring Road Alami Penyesuaian Rp500 Sampai Rp2000

Tol ini disebut sebagai singing road bukan tanpa alasan. Kamu pasti tahu kan, marka jalan berbentuk rumble strip yang sering dipasang di jalan tol? Kalau kamu belum tahu, berikut contoh rumble strip di jalan tol.

Ilustrasi rumble strip di jalan tol
Ilustrasi rumble strip di jalan tol / Shutterstock

Nah, yang unik, saat pengendara melintasi rumble strip di jalan tol ini dengan kecepatan 80-100 km/jam, akan ada ritme lagu “Selamat Ulang Tahun” yang bisa kamu rasakan. Unik banget, kan?

Kamu sudah pernah mencoba jalan tol yang mana nih, gengs? Kalau mudik nanti lewat jalan tol di atas, jangan lupa foto terus tulis di kolom komen ya, gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Related Post