Gemas Sekali! Ini Potret 2 Bayi Harimau Sumatera yang Lahir di Inggris

Usia mereka kini diperkirakan sekitar 12 minggu dan berjenis kelamin betina.

213
Harimau Sumatera

Dua anak harimau Sumatera baru saja lahir di Kebun Binatang Chester, Inggris, pada awal tahun 2023 ini. Usia mereka kini diperkirakan sekitar 12 minggu. Kedua harimau Sumatera ini kemudian diberikan nama yang identik dengan Indonesia yaitu Alif dan Raya.

Pihak Kebun Binatang Chester, Inggris, membagikan potret menggemaskan dua bayi harimau Sumatera itu yang terlihat sedang bermain dengan ayahnya.

Foto salah satu bayi harimau Sumatera yang sedang bersama induknya/Chester Zoo

“Anak-anak Kasarna (nama sang ayah) telah berkelana di luar untuk bersenang-senang. Si kembar berusia 12 minggu ini berjenis kelamin betina dan penjaga kebun Binatang menamai mereka Alif (nama yang populer di Indonesia) dan Raya (nama sebuah gunung di Sumatera),” tulis pihak kebun Binatang Chester di akun Instagram @chesterzoo.

Dalam unggahan itu juga terlihat kedua bayi harimau Sumatera ini sangat senang dengan melompat sesekali ke sana ke mari sambil diawasi oleh induknya, Kasarna.

Tak jarang mereka juga sesekali mengajak sang induk untuk bermain. Seorang pengurus hewan di kebun Binatang Chester, Dayna Thain, mengatakan ini adalah kemunculan pertama Raya dan Alif di depan umum sejak lahir pada Januari lalu.

“Mereka salah satu subspecies harimau paling langka di dunia. Melihat kedua anak harimau ini berkembang biak di sini sungguh luar biasa,” ucap Dayna Thain dikutip dari cnn.com, Senin (10/4).

Foto salah satu bayi harimau Sumatera di Kebun Binatang Chester / Chester Zoo

Nama Raya kemudian diketahui diambil dari nama kawasan Suaka Margasatwa Gunung Raya, Kabupaten Ogan, Sumatera Selatan. Sementara Alif, diambil karena menjadi nama yang sangat populer di dalam negeri.

Kedua harimau Sumatera ini memiliki jenis kelamin betina dan lahir pada Januari 2023 lalu. Kini, Alif dan Raya dapat menjadi tambahan untuk program pemuliaan konservasi demi mencegah kepunahan spesies harimau Sumatera.

Potret 2 bayi harimau Sumatera yang sedang bermain dengan induknya / Chester Zoo

Seperti kita ketahui bersama, populasi dari harimau Sumatera ini kini terancam punah. Seperti laporan The IUCN Red List of Threatened Species, keberadaan harimau Sumatera kini hanya tersisa 350 di Indonesia karena hilangnya habitat asli mereka.

Peningkatan populasi manusia di sekitar habitat asli harimau Sumatera lantas menjadikan mereka salah satu binatang yang terancam punah di Indonesia. Harimau Sumatera kerap berkonflik dengan penduduk, petani, dan peternak.

Potret Alif dan Raya, 2 harimau Sumatera yang lahir di kebun binatang Inggris / Chester Zoo

Harimau ini juga kerap diburu untuk diambil kulitnya, tulangnya, dan gigi taringnya yang akan dijual di pasar obat Asia.

Sebagai generasi muda, ini sudah menjadi tugas kita bersama untuk kembali menyadarkan banyak orang terkait dengan habitat asli hewan terancam punah. Tidak mudah memang, namun kita pasti bisa!

Baca juga: “Patut Kita Lestarikan, Ini 6 Hewan di Indonesia yang Terancam Punah

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.