Makna di Balik Logo Baru Nokia Setelah 60 Tahun di Industri Gadget

Nokia merupakan brand raksasa yang merajai industri ponsel pada dekade 2000an, kini logonya diganti lebih fresh.

249
0
Nokia

Nokia, raksasa ponsel asal Finlandia baru saja merilis logo baru mereka setelah hampir 60 tahun (sejak 1965) ada di industri gadget. Pada logo barunya ini, Nokia memperbarui jenis huruf yang digunakan serta dipadukan dengan berbagai background warna.

Nokia merajai industri ponsel pada dekade 2000an. Ketika itu, Nokia menguasai hampir 90 persen pasar ponsel hingga akhirnya meredup dengan kehadiran Blackberry dan ponsel berbasis android di era akhir 2010.

Mengutip dari laman resmi nokia.com, perusahaan teknologi yang memiliki tagline “Connecting People” ini membuat logo baru mereka lebih kontemporer dan digital untuk mencerminkan identitas baru mereka sekarang.

“Kami membangun warisan logo sebelumnya, tetapi membuatnya merasa lebih kontemporer dan digital untuk mencerminkan identitas kami saat ini,” tulis Nokia di laman resminya.

Nantinya, Nokia akan fokus untuk membangun kekuatan yang lebih luas dalam bentuk jaringan, inovasi, kemitraan, dan lain sebagainya.

“Ini bukan hanya tentang penampilan kami (Nokia), ini tentang kekuatan kami dalam jaringan, inovasi, kemitraan kolaboratif, dan kepemimpinan teknologi. Ini tentang proposisi nilai kami di pasar saat ini dan prospektif. Dan yang terpenting, ini tentang orang-orang kami,” isi keterangan Nokia.

Ilustrasi ponsel Nokia 3310
Ilustrasi ponsel Nokia 3310/Shutterstock

Dalam laman yang sama, President dan CEO Nokia Pekka Lundmark, mengatakan bahwa logo Nokia yang baru ini sebagai penanda strategi bisnis yang baru.

Pada logo sebelumnya, Nokia memiliki logo berwarna biru dengan huruf yang cukup monoton. Kini, hurus N pada Nokia dibuat tak sepenuhnya membentuk huruf N, melainkan seperti segitiga siku-siku yang tak memiliki sisi di bawah.

Hal lain yang berubah adalah di huruf K. Bentuknya kini dibuat seperti tanda panah mengarah ke kiri atau seperti simbol matematika untuk menandakan bahwa sebuah angka “lebih kecil” dari angka yang dibandingkan.

Logo baru Nokia/gizchina.com

Kemudian pada warna, Nokia kini mengaplikasikan warna teks putih. Kemudian, Nokia tampaknya bisa menggunakan latar belakang warna yang bervariasi untuk dipadukan dengan logo putih itu.

“Selain mengubah strategi, kami juga memperbarui logo kami untuk mencerminkan bahwa kami merupakan perusahaan teknologi yang fokus pada inovasi dan bisnis B2B (business-to-business) di suatu area di mana teknologi jaringan bertemu dengan cloud,” kata CEO Nokia Pekka Lundmark.

Baca juga: “Psst, Ini Trik Bikin Hasil Foto Kamu Terlihat Fashionable dengan Kamera Samsung S23 Ultra 5G

“Ini adalah Nokia, tetapi tidak seperti yang pernah dilihat dunia kepada kami sebelumnya. Logo baru kami menunjukkan siapa Nokia saat ini. Kami melepaskan potensi eksponensial jaringan dan kekuatan mereka untuk membantu membentuk kembali cara kita semua hidup dan bekerja,” tutup Nokia dalam keterangannya.

Jadi, gimana menurut kamu nih Gengs logo baru Nokia? Udah kekinian banget belum? Siapa yang punya kenangan dengan ponsel Nokia?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post