Mengenal Tugas Ketua ASEAN yang Kini Diemban Indonesia

Ada sederet tugas yang diemban Indonesia sebagai Ketua ASEAN di 2023.

230
0
Ketua ASEAN

Indonesia resmi menjadi Ketua ASEAN pada 2023 mendatang usai menerima mandat pada perhelatan Upacara Penutupan KTT ke-40 dan ke-41 serta KTT Terkait lainnya di Hotel Sokha Phnom Penh, Minggu 13 November 2022.

Dikutip dari laman setkab.go.id, Indonesia menerima estafet kekuatan ASEAN dari Kamboja dan akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023 mendatang. Secara simbolis Bapak Presiden Jokowi menerima palu dari Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sebagai penanda bahwa Indonesia telah menjadi Ketua ASEAN.

Ketua ASEAN
Momen saat Presiden Jokowi menerima estafet Keketuaan ASEAN. Sumber foto: instagram @jokowi

“Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023. Keketuaan Indonesia akan menjadikan ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman resmi setkab.go.id.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berpesan bahwa ASEAN harus menjadi kawasan yang stabil dan damai, serta menjadi jangkar stabilitas dunia. ASEAN juga harus konsisten menegakkan hukum internasional dan tidak menjadi proaksi siapa pun.

Sumber foto: instagram @jokowi

“ASEAN harus menjadi kawasan yang bermartabat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan demokrasi,” tambah Presiden Jokowi.

Namun, apa sih sesungguhnya tugas dari Ketua ASEAN itu? OPPAL akan membahasnya khusus untuk kamu.

Tugas Ketua ASEAN

Bendera negara anggota ASEAN
Bendera negara anggota ASEAN/Shutterstock

Negara anggota ASEAN yang ditunjuk menjadi ketua ASEAN wajib menjalankan beberapa tugas. Pertama adalah wajib memimpin KTT ASEAN dan KTT terkait, Dewan Koordinasi ASEAN, tiga Dewan Komunitas ASEAN, Badan Kementerian Sektoral ASEAN terkait dan pejabat senior, serta Komite Perwakilan Tetap sebagaimana tertulis dalam pasal 31 Piagam ASEAN.

Ketua ASEAN juga wajib untuk mempromosikan dan meningkatkan kepentingan dan kesejahteraan ASEAN, termasuk upaya membangun komunitas ASEAN melalui inisiatif kebijakan, koordinasi, konsensus, dan kerja sama.

Selain itu, Ketua ASEAN juga harus memastikan sentralitas ASEAN dan memastikan tanggapan yang efektif dan tepat waktu terhadap isu-isu mendesak atau situasi kritis yang memengaruhi ASEAN, termasuk menyediakan jasa-jasa baiknya dan pengaturan lain.

Ketua ASEAN juga wajib mewakili ASEAN dalam memperkuat dan mempromosikan hubungan yang lebih dekat dengan mitra eksternal. Tak hanya sampai di situ, Ketua ASEAN harus melaksanakan tugas dan fungsi lain yang disematkan.

Keketuaan ASEAN akan bergilir setiap tahun berdasarkan urutan abjad dari nama-nama negara anggotanya dalam bahasa Inggris.

Selamat untuk Indonesia menjadi Ketua ASEAN pada 2023, kiranya bisa membawa ASEAN lebih baik lagi ke depannya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *