Today in History: Hari Angklung, Sampai Kelahiran Park Hyung-sik

Mulai dari hari kelahiran aktor ternama asal Korea Selatan, Park Hyung-sik, sampai Hari Angklung, ini Today in History.

202
0
Ilustrasi angklung

Tanggal 16 November menjadi salah satu hari yang menjadi perayaan beberapa peristiwa besar di dunia. Salah satunya adalah perayaan Hari Angklung. Angklung sendiri merupakan alat musik tradisional masyarakat Sunda. Alat musik ini terbuat dari bambu yang akan mengeluarkan nada jika digoyangkan.

Tidak sampai di situ, hari ini juga merupakan hari kelahiran dari salah satu aktor kenamaan dari Korea Park Hyung-sik. Selain itu, ada peristiwa menarik apa lagi hari ini? “Today in History” akan membahasnya khusus untuk kamu.

Hari Angklung Sedunia

Ilustrasi orang main angklung / Shutterstock

Angklung adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Angklung sendiri terbuat dari bambu yang dibuat sedemikian rupa hingga bisa dimainkan membentuk nada-nada tertentu.

Alat musik angklung menjadi salah satu warisan budaya dunia versi UNESCO yang ditetapkan pada 2010 silam. Angklung biasanya dimainkan oleh banyak orang karena satu buah angklung hanya bisa membentuk satu nada saja.

Angklung ditemukan sejak 400 tahun lalu. Penduduk desa memiliki kepercayaan jika suara dari bambu ini bisa menarik perhatian Dewi Sri yakni dewi padi dan kemakmuran. Selamat Hari Angklung Sedunia! Mari kita warisan budaya ini agar tidak punah dikemudian hari.

Hari Toleransi Internasional

Ilustrasi Hari Toleransi Internasional / Shutterstock

Hari Toleransi Nasional diperingati setiap tanggal 16 November setiap tahunnya. Peringatan hari ini dirayakan untuk merayakan kebersamaan dan sikap toleransi yang tinggi antar umat manusia. Hari ini lahir dilatarbelakangi oleh prinsip toleransi UNESCO pada 16 November 1945.

Dengan adanya hari ini, diharapkan dapat membantu mengingatkan akan pentingnya toleransi di dalam kehidupan. Toleransi menjadi tips bagi bangsa Indonesia agar bisa bertahan di tengah keberagaman yang ada di dalamnya.

Hal ini tentu harus dilestarikan sampai kapan pun dan menjadi tugas kita bersama. Semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” kiranya terus ada di dalam diri masyarakat Indonesia, terutama kaum milenial dan Gen Z agar bangsa ini tidak terpecah di kemudian hari.

Hari Kelahiran Park Hyung-sik

Sumber foto: instagram @phs1116

Park Hyung-sik merupakan aktor asal Korea Selatan yang lahir pada tanggal 16 November 1991 di Giheung-gu, Yongin, Korea Selatan. Nama Park Hyung-sik naik daun usai ia berhasil berperan pada drama The Heirs pada tahun 2013.

Baca Juga: “Today in History: HUT Marinir, Hingga Kelahiran Jake ENHYPEN

Perjalanan karier Park Hyung-sik terus berjalan sampai hari ini. Usai menjalani wajib militernya tahun lalu, pada Desember 2021 pria yang juga memiliki kemampuan bernyanyi ini kembali beradu akting dengan membintangi drama terbaru berjudul Happiness. Dalam drama ini, Park beradu akting dengan Han Hyo-joo dan Jo Woo-jin.

Selamat ulang tahun Park Hyung-sik!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post