Today in History: Hari Tata Ruang Nasional, Sampai Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Total akan terlihat jelas dan diprediksi mengalami puncaknya sekitar pukul 18.00 WIB.

174
0
Today in History

Beragam peristiwa sejarah terjadi baik di dalam negeri ataupun luar negeri hari ini, 8 November. Tidak hanya itu, ada pula fenomena Gerhana Bulan Total yang terjadi pula pada hari ini. Hal ini diprediksi oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Lantas, peristiwa bersejarah apa lagi yang terjadi pada hari ini baik di dalam negeri ataupun di luar negeri? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Tata Ruang Nasional

Sumber foto: Shutterstock

Hari Tata Ruang Nasional selalu diperingati setiap tanggal 8 November. Hari ini ditetapkan pada tahun 2013 silam berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2013 yang langsung ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat di bidang penataan ruang dan sosialisasi berbagai kebijakan pemerintah di bidang penataan ruang, baik di pusat ataupun daerah. Adapun penyelenggaraan penataan ruang yang baik diharapkan dapat mewujudkan ruang nusantara yang aman, nyaman , produktif, dan berkelanjutan.

Gerhana Bulan Total

Sumber foto: Shutterstock

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi hari ini tanggal 8 November 2022 akan terjadi fenomena alam Gerhana Bulan Total. Fenomena astronomis ini terjadi ketika seluruh permukaan bulan memasuki bayangan inti (umbra bumi). Hal ini terjadi karena adanya konfigurasi antara bulan, bumi, dan matahari membentuk garis lurus.

Adapun beberapa wilayah yang bisa melihat Gerhana Bulan Total ini adalah Ternate, Tidore, Kepulauan Bacan, Sula, Seram Barat, Ambon, Maluku Barat Daya, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Sumenep. Situbondo, Banyuwangi, seluruh Pulau Jawa, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, dan Lampung.

Menurut laporan LAPAN, Gerhana Bulan Total ini terlihat jelas dan diprediksi mengalami puncaknya sekitar pukul 18.00 WIB.

HBO Pertama Kali Tayang di Tahun 1972

Sumber foto: Shutterstock

Tepat pada hari ini, 8 November HBO atau Home Box Office pertama kali tayang di tahun 1972. HBO adalah sebuah stasiun TV asal Amerika Serikat yang menayangkan program tanpa iklan dan ditayangkan 24 jam sehari kepada 40 juta pelanggan. HBO kini sudah disiarkan di 150 negara di seluruh dunia.

Di tahun 1981, tepatnya pada tanggal 28 Desember, HBO mulai menayangkan acara televisi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Pada 1983, mereka mulai memproduksi film sendiri, The Terry Fox Story.

Baca Juga: “Today in History: Hari Wayang Nasional, Hingga Kelahiran The8 SEVENTEEN

Di Indonesia sendiri, saat ini HBO bekerja sama dengan GVM Networks Mola TV, salah satu anak perusahaan Djarum, untuk menghadirkan lima saluran pilihan dan fim-film unggulan HBO.  

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *