Today in History: Selamat Hari Bawa Bekal Nasional

Hari ini juga merupakan International Day of Pink.

102
Ilustrasi bekal makanan

Pada tanggal 12 April setiap tahunnya, kita merayakan berbagai peristiwa sejarah yang terjadi baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Peristiwa-peristiwa tersebut berdampak besar atas kehidupan manusia saat ini.

Oleh karenanya, “Today in History” hadir untuk mengulas hal tersebut. Tepat pada hari ini, ada sebuah perayaan Hari Bawa Bekal Nasional. Hari ini sudah diadakan sejak 2013 atas gagasan salah satu perusahaan peralatan rumah tangga multinasional.

Selain itu, pada hari ini juga terdapat satu peringatan yang unik, yaitu Hari Merah Muda Internasional. Apa itu Hari Merah Muda Internasional? Ceritanya ada di “Today in History”.

Hari Bawa Bekal Nasional

Bekal Makanan
Ilustrasi Bekal Makanan: Shutterstock

Setiap tanggal 12 April tiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Membawa Bekal Nasional. Hari ini sudah ada sejak 2013 silam atas gagasan salah satu perusahaan peralatan rumah tangga multinasional.

Hari Bawa Bekal Nasional didedikasikan agar semua orang mau membawa bekal sendiri dibanding membeli makanan di luar. Atas dasar ini, gerakan membawa bekal nasional dibuat sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

Yuri Gagarin Jadi Manusia Pertama yang Berada di Luar Angkasa

Foto Yuri Gagarin/militer.or.id

Tanggal 12 April 1961 Yuri Alekseyevich Gagarin menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Ia melakukan perjalanan ke luar angkasa itu menggunakan pesawat ruang angkasa Vostok 1.

Selama penerbangan, Yuri Gagarin juga menjadi orang pertama yang mengorbit planet ini, sebuah prestasi yang dicapai oleh pesawatnya selama 89 menit. Usai perjalanannya itu, Yuri Gagarin langsung digeri gelar pahlawan Uni Soviet.

Sebuah monumen pun didirikan di Rusia untuk menghormati jasanya, dan namanya dipakai juga sebagai nama jalan di Polandia untuk menghormati Yuri Gagarin. Psst, bahkan patung Yuri Gagarin juga bisa kamu temukan di Taman Mataram, Jakarta, lho!

Hari Merah Muda Internasional

Ilustrasi warna merah muda/Shutterstock

Tepat pada hari ini, 12 April, ada satu perayaan hari yang tidak banyak orang tahu, yaitu Hari Merah Muda Internasional atau Day of Pink. Hari ini ternyata lahir sebagai jawaban dari aksi perundungan yang terjadi di sebuah sekolah di Kanada.

Baca juga: “Today in History: Acara Olahraga Pertama Disiarkan Secara Langsung di Radio

Hari Merah Muda Internasional didirikan oleh Jer’s Vision untuk mengakhiri segala bentuk intimidasi yang ada. Hari ini dirayakan sebagai simbol bahwa warna pink juga bisa digunakan oleh semua orang, termasuk pria.

Semoga dengan adanya hari ini, setiap aksi perundungan akan hilang dan kita bisa saling menghormati dan saling menerima satu dengan yang lainnya. Say no to bullying, gengs!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.