Wrap Up News 30 November 2022: Cara Anjing Menemukan Jasad Manusia Hingga Teknologi Face Recognition Pada Kamera ETLE

Selamat datang di bulan terakhir di tahun 2022! Yuk, intip wrap up news 30 November kemarin.

237
0

Hai, Oppal gengs! Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan sehat selalu, ya. Pertama-tama, selamat datang di bulan terakhir di tahun 2022! Sambil menikmati hari pertama di bulan Desember ini, yuk baca kumpulan berita penting yang terjadi pada 30 November 2022 kemarin supaya kamu tak ketinggalan informasi. Mulai dari ramainya berita mengenai anjing SAR yang pandai menemukan jasad manusia dan bagaimana anjing-anjing tersebut dapat melakukannya hingga teknologi face recognition pada kamera ETLE. Selengkapnya dapat kamu baca di wrap up news berikut:

Mengenal Fenomena Cancel Culture Hingga Tips Mencegah Dampak Buruknya Bagi Kesehatan Mental

Cancel Culture
Ilustrasi Cancel Culture: Shutterstock

Istilah cancel culture pernah meramaikan jagat media sosial. Cancel culture bahkan telah menjadi bagian dari dinamika industri hiburan, artis, dan public figure di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Lalu, apa itu sebenarnya cancel culture?

Menurut New York Post, cancel culture adalah fenomena “membatalkan” orang, merek, atau acara dan film yang dianggap sebagian orang sebagai komentar atau ideologi yang menyinggung atau bermasalah.

Tindakan pemboikotan massal ini juga biasanya diikuti dengan pemberhentian dukungan kepada orang tersebut. Simak sejarah yang lebih lengkap dari cancel culture serta cara mencegah dampak buruknya bagi kesehatan mental di sini.

Fungsi Fitur Face Recognition yang Ada Pada Kamera ETLE

Foto pengendara dan kamera ETLE di lampu merah / shutterstock

Tilang konvensional atau tilang offline kini memang sudah tidak ada lagi. Kini, tilang konvensional digantikan dengan ETLE atau tilang elektronik. Namun, penerapan tilang elektronik ini dinilai belum efektif menilang para pelanggar lalu lintas.

Sejauh ini, kamera ETLE hanya bisa mendeteksi para pelanggar kasat mata seperti penggunaan helm, sabuk pengaman, menerobos lampu merah, dan pelanggaran ganjil genap. Sementara, untuk para pelanggar yang berkaitan dengan surat menyurat hingga kepemilikan SIM, masih belum bisa terbaca oleh kamera ETLE.

Menanggapi hal tersebut, pihak kepolisian pun dikabarkan akan melakukan upgrade kamera ETLE dengan memasang sistem artificial intelligent (AI). Termasuk menyediakan fitur face recognition yang ada di dalamnya untuk mendeteksi para pelanggar tak kasat mata. Informasi lebih lengkap mengenai fitur terbaru dari kamera ETLE dapat dibaca di sini.

Bagaimana Anjing Bisa Menemukan Jenazah Manusia?

Foto anjing pelacak bersama dengan pawangnya / shutterstock

Anjing merupakan salah satu hewan yang sangat dekat hidupnya dengan manusia. Selain itu, anjing juga hewan yang memiliki indra penciuman sangat tinggi. Oleh karenanya, anjing kerap digunakan oleh polisi untuk menemukan benda terlarang, barang bukti, hingga mayat manusia. Lah, kok bisa?

Pada saat jasad manusia sudah mulai membusuk, setidaknya ada sekitar 478 senyawa yang dihasilkan dari bau-bau yang berbeda. Dilansir dari berbagai sumber, anjing yang sudah terlatih atau anjing Human Remains Detection (HRD), bisa membedakan 478 jenis bau yang ada pada jasad manusia itu. Selengkapnya mengenai cara anjing menemukan jenazah manusia dapat kamu baca di sini.

YouTube Music Luncurkan Fitur 2022 Recap, Bisa Bikin Cover Playlist Sendiri

YouTube Music
YouTube Music: engadget.com

Google kembali meluncurkan sebuah fitur yang berguna untuk melihat musisi atau lagu apa saja yang kamu dengar di YouTube Music. Fitur ini dihadirkan dengan meneruskan tradisi Google pada tahun lalu.

Untuk mengakses fitur ini, kamu cukup klik foto profil di kanan atas, lalu pilih “Your Recap”. Tahun ini, fitur yang dinamai 2022 Recap tersebut muncul dengan beberapa hal baru yang bisa dijadikan sebagai ajang pamer bagi para pengguna. Hal-hal terbaru yang bisa kamu temukan dalam fitur 2022 Recap dapat kamu baca di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 30 November 2022­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya gengs. Have a nice day, gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *