5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Gempa Bumi Terjadi

Setidaknya lima hal penting yang harus kamu lakukan saat terjadi gempa bumi.

213
0
Gempa

Belum usai duka Indonesia atas bencana alam di Cianjur, Jawa Barat. Kini, daerah Garut yang pun terletak di Jawa Barat, diguncang gempa dengan kekuatan 6,4 magnitudo pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Gempa bumi merupakan sebuah peristiwa alam berguncangnya permukaan bumi akibat pergerakan lempeng bumi, aktivitas gunung berapi, aktivitas patahan atau sesar bumi.

Bencana alam seperti gempa bumi sendiri sebenarnya tidak bisa diprediksi seakan menjadi rahasia Tuhan sendiri. Sampai saat ini, belum ada alat yang mampu untuk mendeteksi kapan dan jam berapa terjadinya gampa bumi.

Namun, ketika gempa bumi terjadi, ada setidaknya lima hal penting yang harus kamu lakukan menurut laman pusatkrisis.kemenkes.go.id. Apa saja itu? Mari kita simak ulasannya.

Berlindung di Bawah Meja

Ketika gempa bumi terjadi, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah berlindung di bawah meja untuk menghindari kamu dari reruntuhan gedung. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa dilakukan ketika kamu berada di rumah.

Saat kondisi tidak memungkinkan untuk keluar rumah, maka berlindung di bawah meja menjadi alternatif terbaik untuk menyelamatkan diri.

Melindungi Kepala

Ilustrasi berlindung
Ilustrasi berlindung/Shutterstock

Kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga ketika gempa bumi terjadi. Oleh karenanya, segera cari helm dan bantal untuk melindungi kepala saat gempa bumi terjadi.

Hal ini dibutuhkan untuk menjaga kepala dari benturan keras benda tumpul atau reruntuhan material bangunan.

Matikan Kelistrikan

Ilustrasi colokan listrik
Ilustrasi colokan listrik/Shutterstock

Jika kamu sedang memasak pada saat gempa bumi terjadi, maka jangan panik dan segera matikan kompor dan listrik di rumah kamu. Ketenangan menjadi kunci untuk bisa melakukan hal bijak ketika ada gempa bumi terjadi.

Setelah mematikan listrik dan kompor, segera keluar rumah untuk mencari perlindungan berikutnya ya Gengs.

Jangan Berdiri di Dekat Bangunan

Ilustrasi bangunan retak
Ilustrasi bangunan retak/Shutterstock

Menjauhi bangunan, pohon, tiang, dan sumber listrik adalah kunci lain agar kamu bisa menyelamatkan diri dari bencana gempa. Semua hal tersebut bisa sangat membahayakan ketika gempa bumi terjadi.

Selamatkan diri kamu dan orang sekitar untuk mengajak mereka menjauhi tempat-tempat tersebut.

Kenali Bangunan yang Memiliki Struktur Kuat

Ilustrasi bangunan gempa
Ilustrasi bangunan gempa/Shutterstock

Sudut bangunan merupakan salah satu bagian rumah atau gedung yang kuat dan kokoh dari guncangan gempa. Hal ini menjadi salah satu bagian penting untuk pengetahuan kita semua agar terhindar dari celaka.

Namun, perlu diketahui untuk berlindung di sudut bangunan ini hanya untuk sementara saja. Jika kondisi sudah aman, maka segera keluar gedung atau rumah untuk berlindung ke tempat yang lebih aman.

Nah, itu tadi lima informasi penting tentang apa yang harus dilakukan ketika gempa terjadi. Memang, akhir-akhir ini banyak gempa bumi yang terjadi. Namun, hal tersebut jangan membuat kita panik dan harus tetap tenang.

Stay safe ya Oppal Gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post