Alasan Toblerone Ganti Logo Gunung Swiss di Kemasannya

Merek cokelat tersebut enggak bisa lagi pakai logo gunung Swiss yang sudah puluhan tahun digunakan.

363
0
Toblerone

Angkat tangan kalau kamu penggemar Toblerone! Tahukah kamu kalau merek cokelat yang sering kita jumpai di supermarket itu sudah enggak bisa pakai logo gunung Swiss yang sudah puluhan tahun melekat di kemasannya?

Bagi kalian yang belum tahu, selama ini Toblerone identik dengan logo puncak Gunung Matterhorn yang terletak di Italia dan Swiss, dengan siluet beruang.

Toblerone
Toblerone bakal mengganti logo/boingboing.net

Nah, Mondelēz International, Inc., perusahaan yang memproduksi camilan ini telah mengalihkan sejumlah pabriknya ke lokasi yang baru di Bratislava, Slovakia.

Kalau dari hukum yang berlaku di Swiss, perubahan ini bikin Toblerone enggak berhak lagi menggunakan gambar gunung negara itu, begitu juga dengan mengrklaim sebagai cokelat Swiss.

“Untuk alasan hukum, perubahan yang kami lakukan pada manufaktur kami berarti kami perlu menyesuaikan kemasan kami untuk mematuhi undang-undang Swiss,” kata juru bicara dari Mondelez .

“Kami telah menghapus klaim Swiss kami dari bagian depan paket Toblerone dan mengubah deskripsi kami ‘dari Swiss’ menjadi ‘didirikan di Swiss’.”

By the way, sesuai Swissness Act Swiss yang disahkan pada tahun 2017, simbol nasional dan salib Swiss memang enggak diizinkan pada produk yang nggak memenuhi kriteria “Swiss”.

Undang-undang tersebut juga mewajibkan produk makanan yang mengeklaim sebagai “buatan Swiss” diproduksi dengan 80 persen menggunakan bahan baku yang bersumber dari dalam negeri, serta dengan 100 persen susu dan produk susu lokal.

Toblerone
Ilustrasi cokelat Toblerone/dezeen.com

Sementara, pemrosesan esensial pun harus dilakukan di dalam negeri, tentunya dengan pengecualian produk alami yang enggak bisa bersumber dari Swiss, seperti kakao.

Anyway, Toblerone bakal punya kemasan baru yang memiliki jenis huruf dan logo baru. Mereka bahkan menjanjikan enggak kalah khas dengan yang sebelumnya, which is dengan tanda tangan Theodor Tobler, pakar cokelat asli Swiss yang juga pendiri dari merek ini.

Toblerone
Ilustrasi gambar Toblerone/itsnicethat.com

Theodor Tobler menciptakan cokelat Toblerone yang kini dijual di lebih dari 100 negara pada tahun 1908 bersama sepupunya, Emil Baumann.

Hmm, jadi penasaran deh, bakal seperti apa ya kemasan baru Toblerone? Enggak sabar liat kemasan barunya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post