Banyak Diminati, Bagaimana Cara Kerja Panel Surya di Rumah dan Apa Manfaatnya?

Hemat tagihan listrik, lho!

56
Panel Surya

Pemanfaatan tenaga surya sebagai energi alternatif kini cukup diminati oleh masyarakat. Solar cell atau disebut juga sel surya adalah sebuah alat yang berguna untuk mengubah energi yang berasal dari cahaya matahari menjadi listrik yang mengandalkan prinsip dari efek photovoltaic.

Photovoltaic sendiri merupakan suatu fenomena yang terjadi karena adanya tegangan listrik akibat hubungan antara dua elektroda dengan sistem padatan atau cairan saat mendapatkan energi cahaya, seperti dilansir dari sanspower.com.

Prinsip dan cara kerja panel surya

Ilustrasi panel surya/pexels

Sederhananya, cara kerja panel surya adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menampung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. Jadi, sistem bisa berjalan walaupun di sore hari, malam hari, atau saat kondisi hujan sekalipun.

Selain itu, ada juga kabel yang terintegrasi dengan instalasi listrik di dalam rumah. Saat ada konsumsi listrik dari barang elektronik, semisal menyalakan televisi, secara otomatis tenaga listrik diambil dari baterai.

Apa syarat pemasangan panel surya di rumah?

Panel Surya
Ilustrasi pemasangan panel surya/pexels

Untuk pemasangan panel surya di atap rumah nggak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai berikut.

1. Perhatikan lokasi pemasangan

Biasanya, pemasangan panel surya diletakkan di atap rumah karena itu adalah lokasi yang paling banyak mendapatkan sinar matahari. Tapi, supaya energi yang didapatkan semakin maksimal, kamu perlu memperhatikan lokasi rumahmu.

Apabila lokasi rumah kamu semakin dekat dengan garis khatulistiwa, kamu bakal semakin mudah mendapatkan sinar matahari.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan ke arah mana atapmu menghadap, lokasi lahan untuk memasang sistem panel surya, dan jarak antarpanel surya yang terpasang di atap dengan panel utama listrik.

Jika kamu mempertimbangkan hal-hal tersebut, kamu bisa merencanakan sistem pemasangan panel surya di atap rumah dengan tepat.

2. Beli komponen yang berkualitas

Untuk pemasangan panel surya, kamu harus membeli komponen panel yang berkualitas. Pastikan kamu mengecek kredibilitas penjual dan membelinya dari penjual yang memiliki garansi produk.

Penjual juga perlu memberikan servis saat terjadi masalah dan memiliki layanan purnajual. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan instalasi listrik yang bisa berbahaya just in case terjadi kerusakan atau masalah pada sistem.

Manfaat menggunakan panel surya

Panel Surya
Ilustrasi manfaat solar panel/shutterstock

1. Hemat tagihan listrik

Menggunakan panel surya membantu menurunkan tagihan listrik, berkurang sampai 50%, bahkan bisa saja kamu nggak perlu membayar tagihan listrik. Hal Ini karena kebutuhan akan listrik di rumah bisa terpenuhi sendiri.

2. Ramah lingkungan

Penggunaan sistem pembangkit listrik yang mengandalkan tenaga surya juga berperan dalam menjaga kelestarian alam tentunya. Energi surya merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan terus tersedia di alam.

3. Mudah diterapkan di Indonesia

Indonesia adalah negara tropis dengan sinar matahari yang menerangi sepanjang tahun. Hal ini membuat Indonesia cocok dalam menerapkan energi surya. Dengan begitu, sistem panel surya bisa diterapkan di setiap rumah di Indonesia dan menjadi pembangkit listrik mandiri.

Itulah penjelasan mengenai cara penggunaan panel surya dan manfaatnya di Indonesia. Kamu tertarik menerapkan sistem panel surya di rumah kamu, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!