Bapak Presiden SBY Ulang Tahun Hari Ini, Presiden Pertama Pilihan Rakyat

SBY juga berhasil menjadi doktor untuk ilmu pertanian di Institut Pertanian Bogo (IPB). Beliau juga memiliki hobi bermusik, dan terakhir aktif membuat karya seni berupa lukisan.

202
0
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Tepat pada hari ini 9 September 2022, Presiden ke-enam Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono merayakan ulang tahunnya yang ke-73. SBY atau yang akrab juga disapa Pak Beye lahir di Pacitan, Jawa Timur, pada tanggal 9 September 1949. Beliau merupakan anak tunggal dari pasangan R Soekotjo dan Siti Habibah.

SBY dulu sempat bersekolah di Sekolah Rakyat. Sejak kecil, tepatnya ketika duduk di bangku kelas 5 SD, SBY mulai kenal dengan Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang, Jawa Tengah. AMN kemudian berganti nama menjadi Akademi Angkatan Bersenjata Indonesia (Akabri).

Pada tahun 1970, SBY berhasil masuk Akabri dengan menempuh Pendidikan di Magelang, Jawa Tengah. SBY merupakan satu Angkatan dengan Prabowo Subianto dan Ryamizard Ryacudu. SBY lulus dari Akabri dengan predikat lulusan terbaik di tahun 1973.

Karir militer SBY terus berkembang dengan baik yang diawali dengan jabatan Dan Tonpan Yonif Linud 330 Kostrad (Komandan Peleton III di Kompi Senapan A, Batalyon Infantri Lintas Udara 330/Tri Dharma, Kostrad) pada tahun 1974 sampai dengan 1976.

Pada tahun 1975, SBY muda berhasil mengemban pendidikan lintas udara (Airbone) dan Pendidikan pasukan komando (ranger) di Pusat Pendidikan Angkatan Darat Amerika Serikat, Ford Benning, Georgia pada 1975.

Semenjak saat itu, karir SBY terus menanjak hingga pada akhirnya menjadi Kepala Staf Teritorial (Kaster) ABRI di tahun 1998 sampai 1999.

Tak hanya di militer, SBY juga berkarir di bidang politik. Hal ini dimulai ketika ia menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sebelumnya, SBY memutuskan untuk pensiun dini di tahun 2000, tepatnya pada 27 Januari 2000.

Karir politik SBY terus melaju dengan baik sampai pada akhirnya beliau mencalonkan diri menjadi calon presiden di tahun 2004. Pada saat itu, SBY maju sebagai calon presiden dan Jusuf Kalla sebagai calon wakil presiden.

SBY lalu memenangi pemilu 2004 setelah mengalahkan Megawati – Hasyim Muzadi. SBY pun menjabat sebagai Presiden Indonesia periode 2004 – 2009, ini merupakan pemilu yang pertama kalinya memilih presiden secara langsung. Pada pemilu 2009. SBY maju lagi sebagai calon presiden didampingi oleh Boediono.

Pada saat menjabat sebagai presiden, SBY memiliki sejumlah prestasi yang sangat baik. Diantaranya adalah menjaga stabilitas makro ekonomi, pertumbuhan ekonomi stabil, dan lain sebagainya.

Bukan cuma di militer, SBY juga berhasil menjadi doktor untuk ilmu pertanian di Institut Pertanian Bogo (IPB). Beliau juga memiliki hobi bermusik, dan terakhir aktif membuat karya seni berupa lukisan.

SBY juga presiden pertama yang memberikan layanan langsung kepada rakyat, seperti SMS aduan langsung ke presiden yang dilakukan pada Juni 2005, ke nomor telepon seluler 0811109949, namun esok harinya terjadi gangguan teknis karena banyaknya SMS yang masuk. Kemudian diganti dengan SMS ke 9949, setelah itu SMS akan dipilih dan disampaikan ke presiden. Nomor 9949 adalah kode angka tanggal lahirnya, yaitu 9 September 1949. Ia juga aktif di twitter dan Instagram.

Sekali lagi, selamat ulang tahun Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Semoga panjang umur, sehat menyertai dan terus memberikan kontribusi bagi negeri.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *