Beda dengan Gen Z, Generasi Alpha Inginkan Pekerjaan yang Bisa Bantu Orang Lain

Generasi Alpha ingin menjadi tenaga kesehatan, vlogger, sampai detektif!

196
0
Kriteria Pekerjaan Generasi Alpha

Setelah generasi X, generasi Y (milenial), dan generasi Z (Gen Z), kini muncul generasi baru yang bernama generasi Alpha. Menurut HubSpot, mereka yang lahir di rentang tahun 2010-2023 disebut sebagai generasi Alpha.

Nah, kalau bicara soal masa depan dunia kerja, generasi Alpha ternyata juga memiliki sudut pandang yang berbeda dari milenial dan Gen Z.

Acara YouTube The Ellie Sparkles Show yang memiliki segmentasi anak-anak, baru-baru ini melakukan survei terhadap 1000 anak yang berusia antara 5-8 tahun di Amerika Serikat.

Para peneliti pun bertanya tentang apa yang diinginkan anak-anak itu ketika dewasa nanti. Dan berikut hasil dari survei tersebut, seperti yang diberitakan Fast Company:

1. Punya keinginan menjadi tenaga kesehatan

Kriteria Pekerjaan Generasi Alpha
Ilustrasi pekerjaan impian generasi Alpha/unsplash

Generasi Alpha ternyata sadar, bahwa mereka perlu meningkatkan dan memperbaiki industri kerja yang sudah carut-marut.

Survei menyatakan, sebanyak 26,2 persen anak memiliki keinginan untuk menjadi dokter, perawat, atau tenaga kesehatan. Sedangkan, sebanyak 16,5 persen lainnya bercita-cita menjadi guru.

2. Terpengaruh media sosial

Kriteria Pekerjaan Generasi Alpha
Ilustrasi gambar media sosial/unsplash

Generasi Alpha sudah pasti enggak luput dari media sosial. Tiktoker, YouTuber, atau vlogger pun menjadi pilihan karier terpopuler dengan persentase sebanyak 12 persen.

Sementara, 5,6 persen responden berkeinginan menjadi influencer, dan 3,3 persen sisanya bercita-cita menjadi gamer profesional.

3. Ingin tugas yang dinilai masuk akal

73 persen responden ingin mereka bisa memilih antara bekerja dari rumah dan kantor. Rata-rata responden yang disurvei menginginkan 5 jam kerja dalam sehari dan 4 hari kerja dalam seminggu.

4. Memiliki minat yang berbeda berdasarkan wilayah

Pilihan karier terpopuler buat anak-anak di New Mexico, Amerika Serikat cukup menarik, yaitu menjadi agen mata-mata atau detektif. Di sisi lain, anak di Kansas, ingin menjadi gamer profesional.

5. Mau membantu orang lain

Kriteria Pekerjaan Generasi Alpha
Ilustrasi kriteria pekerjaan generasi Alpha/unsplash

Sebanyak 35 persen responden dari hasil survei mengatakan, bagian paling penting dari suatu pekerjaan adalah membantu orang lain. Kemudian, 28 persen diikuti oleh mereka yang mengatakan bekerja untuk bersenang-senang, dan 10 persennya mengakui bahwa bekerja dengan hewan adalah prioritas utama mereka.

Bagaimana menurut kalian kriteria pekerjaan yang diinginkan oleh generasi Alpha, gengs? Let us know what you guys think!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *