Biar Enggak Cuma Numpang Lewat, Ini 5 Cara Mengelola Gaji Biar Enggak Boros

Siapa yang merasa uang di rekening mengalir seperti air? Yuk, baca tips ini buat mengatur gajimu.

217
0
Cara Mengelola Gaji

Siapa yang merasa uang di rekening mengalir seperti air? Baru memasuki minggu kedua, sudah harus mengirit supaya tetap punya uang hingga akhir bulan. Bisa dibilang, gaji cuma numpang lewat saja.

Ada beberapa faktor yang bikin banyak pekerja merasa sulit untuk menemukan cara mengatur gaji yang efektif, salah satunya karena kita enggak membuat laporan keuangan pribadi yang jelas. Selain itu, kebiasaan belanja yang enggak terkontrol pada saat gajian juga bisa jadi alasan lainnya.

Mengatur keuangan memang merupakan sesuatu yang cukup challenging dan perlu disesuaikan seiring berjalannya waktu. However, kamu perlu mengatur gaji bulanan supaya enggak tergoda dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Nah, biar gaji bulanan kamu enggak numpang lewat, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengelolanya secara bijak. Berikut tips selengkapnya:

1. Buat anggaran keuangan setiap bulannya

Cara Mengelola Gaji
Ilustrasi cara mengelola gaji/unsplash

Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan masing-masing. Nah, salah satu cara mengelola gaji yang menjadi sumber pendapatanmu adalah dengan membuat anggaran keuangan setiap bulan.

Anggaran itu bisa kamu sesuaikan juga dengan kebutuhan seperti cicilan, uang makan, transportasi, dan lainnya.

Walaupun memiliki gaji dengan jumlah yang sama, dua individu berbeda tentu memiliki kebutuhan yang berbeda, dan anggaran mereka juga enggak sama. Jadi, supaya kamu bisa membuat anggaran dengan bijak, berhati-hatilah dengan kebiasaan yang memang terlihat sepele, tapi bisa berdampak pada pengeluaran dan anggaran, seperti minum kopi saat nongkrong di kafe atau jajan di luar setiap hari.

Kalau hal tersebut enggak bisa kamu hindari karena beberapa alasan, cobalah masukkan ke dalam anggaran, sehingga kamu bisa membatasinya agar enggak berlebihan, gengs.

2. Sisihkan untuk tabungan dan investasi

Cara Mengelola Gaji
Ilustrasi menabung/unsplash

Tabungan dan investasi juga bisa kamu masukkan ke dalam rencana anggaran biaya di setiap bulannya. Dengan begitu, kamu bakal terbiasa dan mulai disiplin untuk menyimpan uang.

Uang yang disimpan dalam bentuk tabungan, seperti emergency fund, memang bisa kamu gunakan di kemudian harinya untuk keperluan mendesak ataupun simpanan masa depan. Tapi, akan lebih baik lagi kalau kamu juga membaginya dengan dana investasi, di mana uang kamu akan berputar dan bisa menghasilkan keuntungan.

Nah, keuntungan tersebut bisa menambah pendapatan tiap bulannya selain gaji bulanan kamu, gengs.

3. Gunakan pembagian 50-30-20

Metode 50-30-20 ini merupakan salah satu metode paling mudah yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan supaya enggak boros, meski bagi beberapa orang angkanya mungkin perlu disesuaikan sesuai dengan jumlah gaji.

Dalam metode ini, 50 persen digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti bahan makanan, pulsa, internet, asuransi, listrik dan air, biaya transportasi, membayar cicilan, dan lainnya.

Lalu 30 persen gajinya digunakan untuk membeli atau melakukan hal-hal yang kamu inginkan yang bersifat hiburan, semisal membeli kopi, nonton film di bioskop, belanja baju atau tas baru, dan lainnya.

Nah, 20 persen sisanya ditujukan untuk menabung dan investasi. Selain menabung, kamu juga bisa mengoptimalkan penghasilanmu untuk mempersiapkan tujuan finansial di masa mendatang.

4. Segera bayar tagihan dan utang

Tagihan, utang, dan cicilan tentu menjadi beban keuangan yang wajib kamu bayar setiap bulannya. Semuanya juga sudah menjadi kewajiban, di mana ada konsekuensi tersendiri jika kamu enggak membayarnya tepat waktu, gengs. Jadi, saat mengelola gaji, segera selesaikan tagihan dan utangmu, ya, gengs.

5. Rutin lakukan evaluasi keuangan di akhir bulan

Cara yang satu ini penting banget untuk kamu lakukan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah pengeluaran yang dilakukan sudah sesuai dengan anggaran yang telah kamu buat, atau malah melebihi anggaran yang sudah dibuat.

Kalau ternyata kamu sudah berusaha mengikuti anggaran namun ternyata masih ada pengeluaran berlebih, berarti kamu perlu membuat penyesuaian bujet untuk bulan berikutnya.

Inilah mengapa kamu harus melakukan evaluasi keuangan secara rutin di akhir bulan supaya rencana keuangan bisa berjalan dengan baik.

Yuk, gengs, biasakan dari sekarang untuk jangan boros atau menghabiskan gajimu dengan membeli barang yang enggak perlu-perlu banget. Kamu bisa mengikuti 5 cara di atas supaya gaji kamu enggak cuma numpang lewat. YBY!

via GIPHY

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post