Bukit Asam Gelar Kompetisi untuk Dekarbonisasi

166
0

Dalam mengatasi perubahan iklim dibutuhkan komitmen yang tinggi. Untuk itu, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mengadakan kompetisi Bukit Asam Innovation Awards 2022 (BAIA 2022): Greenovator dengan mengusung tema “Decarbonization Competition”.

Untuk mendukung percepatan adopsi teknologi dekarbonisasi, PTBA mengakselerasi transformasi energi hijau dengan menggelar rangkaian kompetisi BAIA 2022 Greenovator dan roadshow.

Selain itu, PTBA mengundang periset dan inovator, serta kalangan akademisi perguruan tinggi di bidang lingkungan dan pertambangan. Tujuan diadakannya kompetisi tersebut adalah untuk mengembangkan teknologi orisinal keberlanjutan usaha dan lingkungan.

Adapun kategori kompetisi BAIA 2022 Greenovator terbagi menjadi dua, yaitu Carbon Capture, Utilization, & Storage (CCUS) dan Carbon Reduction. Untuk kategori CCUS berkaitan dengan penggunaan metode CCUS dalam operasi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) atau pabrik gasifikasi dengan capture sebagai instrumen inovasi wajib.

Sementara, kategori Carbon Reduction memiliki keterkaitan dengan metode pengurangan emisi CO2 pada proses penambangan dan pemanfaatan batubara melalui skema energy efficiency, electrification, renewables, equipment optimazion, dan sebagainya.

Pemenang dengan 10 karya terbaik pada kompetisi ini juga akan mendapatkan hadiah dengan total sebesar Rp 3 miliar. Penilaian pun dilakukan dari berbagai aspek, seperti sistematika, inovasi, dampak, kesiapan teknologi, dan sustainability. Pendaftaran untuk kompetisi Greenovator ini dibuka sejak April 2022 hingga 31 Agustus 2022 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *