ChatGPT, Apa sih Itu? Ini Penjelasannya

Chatbot ini dapat mengerti gaya penulisan manusia, tidak seperti robot.

311
0
Chatbot AI

Belakangan ramai di media sosial pembahasan tentang ChatGPT yang merupakan sebuah tools chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI/artificial intelligent) dari aplikasi OpenAI. ChatGPT ini menjadi ramai dibahas karena bisa menjawab berbagai pertanyaan secara luwes tak seperti robot.

Seorang pengguna media sosial Twitter @huedaya penasaran dan mencoba sendiri ChatGPT yang sedang ramai ini. Ia melakukan percobaan dengan memberikan pernyataan menjebak, 4 pernyataan salah dan 1 pernyataan benar.

“Aku mencoba memberikan pernyataan yang menjebak kepada A.I. Ini, ada 5 pernyataan dan hanya satu yang benar,” kata akun Twitter @huedaya.

Lantas mesin ChatGPT tersebut bisa menjawab dan mengetahui pernyataan benar yang diberikan oleh akun @huebaya.

“ChatGPT sepertinya mampu menemukan pernyataan yang benar, yaitu E. Menariknya, tidak hanya menjawab, namun A.I ini memberikan alasan mengapa masing-masing jawaban bisa benar atau salah,” tambah keterangan akun tersebut.

Apa Itu ChatGPT?

Dilihat dari berbagai sumber, ChatGPT adalah sebuah model bahasa kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dikembangkan oleh OpenAI, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi AI.

ChatGPT merupakan chatbot yang dibuat berdasarkan GPT-3.5, model bahasa alami yang menggunakan proses pembelajaran deep learning.

ilustrasi artificial intelligence / Shutterstock

Alami yang dimaksudkan di sini adalah gaya teks yang dihasilkan robot chat buatan Open AI mirip dengan gaya penulisan manusia secara natural, tidak kaku seperti mesin. Jadi, seolah kita berbicara dengan manusia, bukan dengan mesin yang selama ini kita gunakan di sebuah mesin pencarian.

Laiknya chatbot pada umumnya, ChatGPT buatan OpenAI ini juga memungkinkan pengguna mengirim pertanyaan dan instruksi yang akan ditanggapi oleh ChatGPT.

Pada saat ini, ChatGPT dari OpenAI ini juga sudah dirancang dengan menggunakan Bahasa Indonesia, sehingga pengguna bisa mengajukan dan mendapat balasan dengan Bahasa Indonesia.

Kelebihan ChatGPT

Teknologi terbarukan dari AI tentu memiliki beberapa kelebihan dari pada produk yang ada sebelumnya dan menjadi nilai jual untuk sang produsen. Penasaran apa saja kelebihan dari ChatGPT dari OpenAI ini?

–          Mudah digunakan

ChatGPT dari OpenAI ini dilaporkan memiliki interface yang sangat mudah untuk semua kalangan, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Pengguna juga hanya cukup mengetikkan perintah sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, ChatGPT dari OpenAI ini bisa menerjemahkan sesuatu secara lebih sederhana dan singkat.

–          Teks mudah dipahami

ChatGPT bisa menghasilkan teks baru yang sangat relevan. Bahkan, platform ini bisa membuat sebuah tanggapan yang cukup masuk akal. ChatGPT memungkinkan untuk menggunakan teks yang diberikan sebagai dasar untuk menciptakan konten baru yang unik dan berkualitas.

Baca Juga: “WhatsApp Rilis Fitur Polling dan Chat ke Nomor Sendiri untuk Pengguna Indonesia

–          Data base yang cukup besar

ChatGPT dilatih pada jutaan teks dari internet, hingga memiliki pengetahuan luas tentang berbagai hal. Ini memungkinkan model untuk memahami banyak hal dan memberikan tanggapan yang relevan dan akurat pada pertanyaan apa pun. Hal ini pastinya berkaitan dengan metode deep learning yang ada pada ChatGPT.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post