ChatGPT Plus Resmi Dirilis di Indonesia, Apa Bedanya dengan Versi Biasa?

ChatGPT Plus berbayar, dan punya jam akses yang berbeda dengan ChatGPT biasa.

393
0
Perbedaan ChatGPT Plus dan ChatGPT biasa

ChatGPT Plus resmi dirilis di Indonesia guna melengkapi layanan chatbot artificial intelligence (AI) yang dibuat oleh OpenAI dari versi yang biasa. Sebelumnya, ChatGPT versi biasa telah dirilis akhir November tahun lalu.

Kemudian, OpenAI mengumumkan ChatGPT Plus untuk pertama kalinya pada 1 Februari 2023. Ketika itu ChatGPT Plus belum diluncurkan secara menyeluruh. Saat awal diumumkan, ChatGPT Plus justru cuma bisa diakses di wilayah Amerika Serikat.

OpenAI baru memberikan pengumuman pada 10 Februari lalu melalui layanan chatbot-nya kalau pengguna di Indonesia sudah bisa mengakses ChatGPT Plus. Jadi, dengan munculnya layanan ini, apa yang membedakan ChatGPT Plus dari ChatGPT versi biasa?

1. ChatGPT Plus berbayar

Perbedaan ChatGPT Plus dan ChatGPT biasa
ChatGPT Plus/gizchina.it

ChatGPT Plus merupakan layanan premium yang membutuhkan biaya langganan untuk mengaksesnya. Untuk biaya langganan di Indonesia adalah sebesar US$20 atau sekitar Rp300.000,- per bulan.

Tetapi, hadirnya ChatGPT versi berbayar ini juga enggak langsung menghapus versi gratisnya. ChatGPT Plus ini sifatnya opsional. Jadi, walaupun tersedia versi berbayarnya, pengguna tetap bisa mengakses ChatGPT biasa yang free alias gratis.

2. Jam akses

Perbedaan ChatGPT Plus dan ChatGPT biasa
Ilustrasi ChatGPT/zdnet.com

Perbedaan selanjutnya ada pada jam aksesnya, gengs. ChatGPT Plus bisa dipakai di jam-jam sibuk, sedangkan ChatGPT biasa enggak bisa diakses di jam sibuk. Pengguna yang aktif menggunakan ChatGPT mungkin sudah enggak asing lagi dengan persoalan akses di jam sibuk ini.

Banyaknya jumlah pengguna yang menggunakan ChatGPT membuat layanan ini kadang enggak bisa diakses di waktu tertentu, khususnya di jam-jam sibuk saat orang kebanyakan sedang bekerja. So, dengan ChatGPT Plus, pengguna bisa tetap mengakses layanan ketika jam sibuk.

3. Respons lebih cepat dan detail

Perbedaan ChatGPT Plus dan ChatGPT biasa
Ilustrasi ChatGPT/indianexpress.com

Mungkin sudah banyak diketahui kalau ChatGPT adalah layanan AI yang bisa memberikan respons atau tanggapan informasi yang diberikan pengguna dengan format seperti obrolan antar manusia.

ChatGPT Plus diklaim bisa memberikan respons dengan waktu yang lebih cepat daripada ChatGPT biasa. Kecepatan responsnya pun telah dicoba oleh seorang kreator YouTube dengan nama akun @MikeWheelerMedia.

Di salah satu videonya, YouTuber tersebut mengkomparasi kecepatan respons dari ChatGPT Plus dan ChatGPT biasa untuk satu informasi perintah yang sama dan juga waktu eksekusi tindakan yang relatif sama.

Hasilnya, ChatGPT Plus berbayar bisa memberikan respons lebih cepat daripada yang versi biasa. Bukan cuma itu, ChatGPT Plus juga bisa merespons dengan lebih detil.

YouTuber tersebut sempat menjajal memberikan perintah yang sama untuk ChatGPT biasa dan yang berbayar untuk memberikan ide perayaan ulang tahun pada anak umur 10 tahun. Nah, dari perintah itu, ChatGPT Plus dapat memberikan respons yang lebih detail.

4. Akses untuk fitur terbaru

Perbedaan ChatGPT Plus dan ChatGPT biasa
Ilustrasi Pperbedaan ChatGPT Plus dan ChatGPT biasa/tomsguide.com

Last but not least, perbedaan ChatGPT berbayar dan biasa adalah akses terhadap fitur baru. ChatGPT Plus punya kelebihan yang memungkinkan pengguna bisa mengakses fitur terbaru dan perbaikan yang lebih cepat ketimbang pengguna gratis.

Dengan empat perbedaan di atas, kamu prefer yang mana nih gengs, ChatGPT Plus atau ChatGPT biasa?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *