Deretan Jurusan Unik Kampus di Indonesia, dari Teknik Nuklir hingga Manajemen Industri Katering!

Hobi kamu unik? Jurusannya ada kok!

190
Mahasiswa di kampus

Bagi kamu calon mahasiswa baru, mungkin sekarang sedang galau dalam menentukan jurusan. Di sisi lain, kamu juga sedang mempertimbangkan jurusan yang terbilang unik atau langka di beberapa universitas di Indonesia.

Ada banyak universitas di Indonesia yang memiliki jurusan unik atau langka yang bisa kamu pertimbangkan. Mulai dari UI, UGM, Unair sampai ITB.

Melansir dari berbagai sumber, berikut daftar jurusan unik yang tersebar di beberapa universitas di Indonesia.

1. Astronomi – Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan Unik di Indonesia
Institut Teknologi Bandung/itb.ac.id

Jurusan Astronomi ini hanya ada satu di Indonesia, yaitu di ITB. Bagi kamu yang memang suka dengan tata surya, jurusan ini bisa jadi pilihanmu, nih! Walaupun langka, jurusan ini juga punya prospek kerja yang bagus, lho!

Sejumlah lembaga yang membutuhkan lulusan Astronomi antara lain lembaga penelitian, pusat sains, lembaga antariksa, planetarium, observatorium, media massa, sekolah, hingga ke perguruan tinggi.

2. Teknik Nuklir – Universitas Gadjah Mada (UGM)

Apa Itu Double Degree
Universitas Gadjah Mada/prospernet.ias.unu.edu

Kamu perlu tahu nih kalau jurusan Teknik Nuklir ini hanya ada di Universitas Gadjah Mada. Jurusan ini merupakan sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan mengandalkan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya.

Ya, meskipun jurusan ini cuma ada satu di Indonesia, tapi prospek kerjanya sangat luas kok! Mulai dari perusahaan pertambangan, perminyakan dan perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir.

Beberapa perusahaan tersebut di antaranya Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan lainnya.

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan – Universitas Airlangga (Unair)

Jurusan Unik di Indonesia
Universitas Airlangga/soulsel.com

Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Unair masih menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia. Seiring pesatnya kemajuan teknologi, SDM yang memiliki keahlian di bidang teknologi juga semakin banyak dicari.

Robotika sendiri merupakan salah satu disiplin ilmu yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu, seperti sistem mekanika, elektronika, dan komputer.

4. Sains Atmosfer dan Keplanetan – Institut Teknologi Sumatera (Itera)

Jurusan Unik di Indonesia
Institut Teknologi Sumatera/masuk-ptn.com

Program studi Sains Atmosfer di Itera adalah jurusan yang mengkaji atmosfer antariksa dekat mempelajari perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi.

Program studi ini juga mengkaji atmosfer antariksa jauh, di mana kamu akan mempelajari interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan planet-planet lainnya dalam sistem Tata Surya.

5. Sastra Belanda, Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Unik di Indonesia
Universitas Indonesia/shutterstock

Dari banyaknya jurusan sastra berbagai negara yang dimiliki sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, hanya Sastra Belanda yang ada di Universitas Indonesia.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini bakal belajar soal sejarah, politik, kebiasaan masyarakat, dan kulturnya. Mereka juga akan mempelajari linguistik, sastra, dan kebudayaannya.

Lulusan Sastra Belanda memiliki prospek kerja yang cukup luas. Bukan cuma bekerja sebagai penerjemah bahasa Belanda, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja sebagai penulis, novelis, content writer, hingga staf di kementerian luar negeri, entrepreneur, dan tentunya akademisi.

6. Teknik Transportasi Laut – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)

Jurusan Unik di Indonesia
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya/its.ac.id

Departemen Teknik Transportasi adalah departemen termuda di Fakultas Teknologi Kelautan, ITS. Mahasiswa yang mengambil jurusan ini belajar tentang perencanaan dan analisa angkutan laut, multimoda, kegiatan dan infrastruktur pelabuhan, dan desain konseptual kapal yang berorientasi internasional.

Lulusan jurusan ini juga dibutuhkan banget untuk bekerja di bidang industri pelayaran, pelabuhan, galangan kapal, logistik dan angkutan multimoda, industri minyak dan gas, perbankan dan asuransi, serta sektor pemerintahan.

7. Rekayasa Nanoteknologi – Universitas Airlangga (Unair)

Jurusan Unik di Indonesia
Unair/shutterstock

Jurusan langka lainnya yang ada di Unair adalah Rekayasa Nanoteknologi. Jurusan ini satu-satunya di Indonesia loh.

Penguasaan nanoteknologi akan memungkinkan penemuan-penemuan baru yang bukan sekadar memberikan nilai tambah untuk suatu produk, tapi juga menciptakan nilai bagi suatu produk.

8. Ilmu Keluarga dan Konsumen – Institut Pertanian Bogor (IPB)

Jurusan Unik di Indonesia
Institut Pertanian Bogor/shutterstock

Jurusan unik dan langka berikutnya adalah Ilmu Keluarga dan Konsumen di IPB. prospek kerja dari prodi ini juga cukup beragam. Kamu bisa bekerja menjadi seorang konsultan di bidang perlindungan konsumen dan keluarga, tumbuh kembang anak, dan perlindungan perempuan.

Selain itu, kamu juga bisa berkarier sebagai tenaga pengajar dan pengelola pendidikan di sekolah-sekolah, spesialis riset pemasaran konsumen, hingga menjadi bagian dari lembaga pemerintah BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional).

9. Manajemen Industri Katering – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Jurusan Unik di Indonesia
Universitas Pendidikan Indonesia/smapse.com

Siapa sangka ternyata industri katering juga ada program studinya di Indonesia. Apalagi bisnis katering dalam jumlah besar perlu manajemen yang baik dan banyak ilmu-ilmu yang harus dipelajari.

Jurusan Manajemen Industri Katering memiliki visi global untuk memperluas akses pariwisata nasional dan internasional, khususnya dalam kategori makanan katering.

Bagi kamu yang punya cita-cita ingin berbisnis di restoran atau kafe, jurusan ini bisa kamu pertimbangkan. Selain itu, jurusan ini juga cocok buat kamu yang berminat untuk terjun ke dunia pariwisata dan kuliner.

Nah, itulah 9 jurusan unik atau langka yang ada di Indonesia. Jadi, kamu tertarik ambil jurusan yang mana nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!