Filosofi Bhinneka Tunggal Ika Bawa Deris Nagara Jadi Presiden BEM SIPA Columbia University

Waktu mencalonkan diri menjadi Presiden BEM SIPA Colunbia University, ia ditantang untuk membuat program satu tahun untuk BEM SIPA Columbia University.

161
0
Deris Nagara

Nama Deris Nagara belakangan sangat fenomenal berkat kecerdasannya yang berhasil menjadi Presiden BEM SIPA Columbia University. OPPAL mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai pria yang berasal dari Ciamis, Jawa Barat itu di tengah kesibukannya.

Kak Deris Nagara bercerita bahwa pada waktu mencalonkan diri menjadi Presiden BEM SIPA Colunbia University, ia ditantang untuk membuat program satu tahun untuk BEM SIPA Columbia University.

via GIPHY

“Dalam proses seleksi, ada namanya campaign week, di mana kita memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai campaign kita dan program satu tahun kita mau ngapain aja sih di BEM ini. Dulu aku mengambil campaign ‘Unity in Diversity for Our Community’ yang berdasarkan filosofi Bhinneka Tunggal Ika. Dengan berbagai macam latar belakang, aku yakin bahwa kita semua itu satu di dalam komunitas ini,” ucap Deris Nagara dalam wawancara tersebut.

Setelah menyajikan kampanye tersebut, Deris Nagara melanjutkan proses pemilihan ke tahap berikutnya yaitu debat capres seperti laiknya yang dilakukan ketika para mahasiswa ingin memilih ketua BEM di Indonesia.

“Setelah orasi kita lakukan, ada sesi namanya debat capres seperti yang dilakukan oleh Joe Biden, Donald Trump, Barack Obama, melakukan debat capres di US gitu. Setelah itu, kita melakukan voting session atau pemungutan suara siapa sih yang akan terpilih menjadi BEM SIPA Colombia University,” jelas Deris.

“Awalnya ada 3 orang kandidat, ada orang Canada, orang Amerika, dan Deris pribadi orang Indonesia. Setelah melewati beberapa tahap akhirnya terpilih lah 2 orang dan salah satunya Deris Nagara orang Indonesia pertama kali yang menjadi Presiden BEM SIPA Colombia University,” ucap Deris lebih jauh dalam wawancara itu.

Deris Nagara juga menceritakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Presiden SIPA Columbia University yang tidak mudah itu.

“Dengan jabatan yang Deris pegang sekarang, saya memimpin lebih dari 1500 orang dari berbagai macam negara dan jurusan di SIPA. Pertama memang yang harus jadi agenda utamanya meningkatkan experience antara students dan juga bagaimana mereka engage bersama administrator dan juga community di SIPA. Kemudian mengadvokasikan suara-suara dari students SIPA itu sendiri dan become the bridge between administrator dan students SIPA di dalam community itu sendiri,” tambah Deris Nagara sambil menutup perbincangan dengan OPPAL.

Wah, selamat ya buat Kak Deris Nagara. Keren dan bangga banget sama Kak Deris!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post