Gen Z dan Milenial Patut Mewariskan Nilai-nilai Sumpah Pemuda 1928

Semangat juang dalam Sumpah Pemuda bisa menjadi contoh nyata bagi generasi muda untuk mengambil langkah dalam mengisi kemerdekaan.

189
0
Sumpah Pemuda

28 Oktober merupakan hari yang menjadi peringatan penting untuk para pemuda di Indonesia. Sumpah Pemuda lahir di tanggal ini tepat pada 94 tahun lalu, bersama dengan rentetan peristiwa bersejarah yang tidak bisa dilupakan sampai kapan pun.

Pada waktu itu, para pemuda yang tergabung di dalam Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia dalam melaksanakan kongres di Jakarta.

Detik-detik pembacaan ikrar Sumpah Pemuda/source:museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id

Hasilnya adalah keputusan yang memiliki nilai sejarah, yang menegaskan cita-cita Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia dalam sebuah ikrar bernama “Sumpah Pemuda”. Jika dibaca secara mendalam, Isi ikrar tersebut dapat membuat semua yang membacanya bisa ikut tersekat, karena membawa pesan yang penuh makna bagi seluruh putra putri Indonesia.

Isi Ikrar Sumpah Pemuda

Pertama:

  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia.

Kedua:

  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia.

Ketiga:

  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Bagi generasi milenial dan Gen Z, semangat Sumpah Pemuda ini harus terus dijaga dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Modernisasi harusnya tidak membuat ikrar yang memiliki nilai sejarah ini luput dari perhatian.

Detik-detik pembacaan ikrar Sumpah Pemuda/source:museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id

Dalam kalimat Sumpah Pemuda ini juga kita akan menemukan bahwa gelora semangat para pemuda berkobar untuk menciptakan kesatuan dan persatuan yang mendalam. Semangat juang dalam Sumpah Pemuda bisa menjadi contoh nyata bagi generasi muda untuk mengambil langkah dalam mengisi kemerdekaan.

Makna Sumpah Pemuda yang biasa diambil adalah semangat yang harus terus berkobar meski banyak rintangan seperti yang dilakukan para tokoh Sumpah Pemuda terdahulu. Arus polarisasi saat ini harusnya tidak terjadi jika para pemuda memberikan pengetahuan yang baik kepada pihak-pihak yang tidak memiliki pemahaman penuh.

Dari sisi Bahasa Indonesia, ini merupakan bahasa pemersatu bangsa di mana Indonesia memiliki banyak suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Masyarakat Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia sebagai komunikasi universal dalam negara. Ini merupakan makna Sumpah Pemuda yang perlu dipahami dan diaplikasikan setiap hari.

Detik-detik pembacaan ikrar Sumpah Pemuda/source:museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id

Baca Juga: “Deretan Tokoh di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Sejak Sumpah Pemuda diikrarkan, terlihat jelas bahwa segenap perumusnya memiliki kebanggaan dan harapan besar agar hal ini bisa bertahan selama Indonesia ada. Ini merupakan tugas kita sebagai pemuda-pemudi Indonesia untuk mempertahankannya dan mewariskannya kepada generasi berikutnya.

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Terima kasih kepada para pemuda pendahulu yang sudah mengikrarkan janji penuh makna ini.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *