Ingin Bekerja di Luar Negeri? Cek 6 Tips Ini, Yuk!

Mencari kerja di luar negeri mungkin telah menjadi impian bagi sebagian orang, ini tipsnya!

137
0

Mencari kerja di luar negeri mungkin telah menjadi impian bagi sebagian orang. Seiring berkembangnya teknologi, proses mencari kerja di luar negeri juga kini semakin mudah.

Seperti halnya di fase rekrutmen awal, kebanyakan perusahaan enggak perlu mengundang kandidat untuk datang ke negaranya karena semua proses bisa dilakukan secara online atau virtual.

via GIPHY

Apalagi, informasi soal lowongan pekerjaan di luar negeri juga sekarang gampang banget diakses, bisa lewat aplikasi pencarian kerja, agen pencari kerja, media sosial sampai internet.

Bekerja di luar negeri memang menawarkan banyak keuntungan, seperti mendapatkan pengalaman karier yang berbeda hingga penghasilan yang lebih tinggi. That’s why, banyak yang ingin mencari kerja di luar negeri.

Menurut Indeed, sebelum memutuskan untuk mencari kerja di luar negeri, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan supaya bisa sukses dalam berkarier di negeri orang. Simak di bawah ini:

1. Perbedaan bahasa

via GIPHY

Komunikasi menjadi hal yang paling penting dalam bekerja. Apalagi saat berkarier di luar negeri, yang mengharuskan kita untuk berkomunikasi dalam bahasa lokal dan juga bahasa universal dalam keseharian (bahasa Inggris).

Tapi, menguasai bahasa Inggris saja belum cukup, gengs. kamu perlu memperhatikan atau mempelajari bahasa lokal yang dipakai sehari-hari.

Nah, kalau kamu menemukan pekerjaan tertentu yang kamu minati, jangan lupa untuk mengecek bahasa lokal apa yang digunakan dan pelajari bahasa tersebut sampai mencapai tingkat keahlian yang cukup supaya kamu bisa terpilih sebagai kandidat potensial.

2. Riset seputar budaya kerja di negara tujuan

Setiap perusahaan pastinya punya budaya kerja tersendiri, tak terkecuali dalam proses rekrutmen karyawan pendatang. Perbanyaklah riset informasi seputar budaya kerja di negara atau perusahaan tujuan. Siapa tahu setelah mengulik, ternyata ada budaya kerja yang cocok bagimu. Lebih baik mengetahuinya duluan sebelum menyesal belakangan, kan?

3. Kenali perbedaan zona waktu

Tips Cari Kerja di Luar Negeri
Ilustrasi zona waktu/unsplash

Jika bekerja di luar negeri adalah impianmu, maka kamu harus memahami perbedaan zona waktu sedetail mungkin. Dengan begitu, kamu enggak melewati undangan interview kerja via online, baik lewat telepon atau video call.

Selain itu, penyesuaian diri dengan zona waktu lokal juga penting, apalagi di saat wawancara kerja berlangsung.

Memahami zona waktu lokal di negara tujuanmu bekerja juga bisa membuat kamu lebih mudah untuk beradaptasi ketika kamu sudah diterima bekerja di sana.

4. Pahami waktu libur atau hari besar yang berlaku

Hal yang satu ini sama seperti zona waktu, dengan memahami waktu libur atau hari besar yang berlaku, kamu bisa menyesuaikan jadwal kunjungan dengan mudah saat sudah dalam proses rekrutmen lanjutan, atau bahkan saat mengatur waktu wawancara online.

5. Kondisi ekonomi, politik, dan budaya yang berbeda

Gaji atau benefit memang menjadi dua hal penting dan tujuan utama saat mencari kerja di luar negeri. Tapi, ada hal lain yang penting juga untuk kamu perhatikan, gengs.

Yup, siapkan diri kamu untuk memahami lingkungan kerja, kondisi perekonomian negara, kondisi politik, sampai budaya dan jam kerja yang berlaku di negara tujuan.

Cara ini penting untuk dilakukan agar kita bisa lebih mudah beradaptasi dengan rekan kerja, lingkungan dan perusahaan tujuan apabila nantinya diterima di perusahaan yang kamu lamar.

6. Prepare semua berkas supaya proses mencari kerja makin mulus

via GIPHY

Kalau sudah berjodoh dengan perusahaan yang kamu lamar, maka kamu harus sigap dalam menghitung waktu untuk menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan. Termasuk visa, paspor, izin tinggal atau surat izin kerja.

Kamu bisa coba bertanya apakah perusahaan yang dilamar bisa membantu kamu dalam memenuhi persyaratan yang perlu dipenuhi.

Hubungi juga kedutaan asing di Indonesia untuk mencari banyak informasi terkait aturan ketenagakerjaan yang berlaku.

Itulah 6 hal yang perlu kamu perhatikan dalam berkarier di luar negeri. Anyway, kalau ada kesempatan bekerja di luar negeri, kamu ingin kerja di posisi apa, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post