Jakarta Siaga Cuaca Ekstrem, Cek Situasinya Lewat Situs Ini

BMKG memprediksi cuaca ekstrem akan melanda Jakarta dan sekitarnya pada 28-31 Desember 2022.

143
0
Cuaca Ekstrem

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan melanda Kota Jakarta dan sekitarnya pada 28 Desember sampai 31 Desember 2022. Konsentrasi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang diprediksi akan terjadi di sepanjang hari.

Oleh karenanya, sangat penting bagi kita masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang masih beraktivitas di sekitaran Jakarta untuk memantau aktivitas cuaca dengan informasi yang akurat.

Pemprov DKI Jakarta sudah menyediakan situs bpbd.jakarta.go.id yang bisa diakses oleh masyarakat untuk memantau peringatan dini cuaca ekstrem, prakiraan cuaca, pantauan tinggi muka air, hingga peringatan dini gelombang tinggi.

Selain itu, ada pula aplikasi JAKI (Jakarta Kini) yang bisa memberikan notifikasi peringatan dini cuaca Jabodetabek secara otomatis lewat JakWarta.

Tampilan JakWarta di aplikasi JAKI / tangkapan layar

Pada aplikasi JAKI, masyarakat juga bisa memantau seputar banjir yang terjadi di Jakarta lewat fitur “Peta Pemantauan Banjir”. Nantinya di dalam peta pantau banjr ini akan ada informasi tentang titik laporan banjir, kondisi pintu air, pos pengamatan, dan titik pompa air.

Tampilan aplikasi pantau banjir di aplikasi JAKI / tangkapan layar
Tampilan peta pantauan banjir di aplikasi JAKI / tangkapan layar

Masyarakat juga bisa melakukan pantauan real time terkait dengan banjir Jakarta dengan melihat data real time sensor-sensor pemantauan banjir di Jakarta lewat menu “Dashboard Pemantauan Banjir”.

Lebih jauh, aplikasi JAKI juga memungkinkan kamu untuk melaporkan saat menemui genangan air atau banjir. Caranya sangat mudah, kamu tinggal buka fitur JakLapor, lalu foto genangan air atau banjir, pilih kategori “banjir”, lalu tulis alamat dan deskripsi laporan.

Dengan membuat laporan ini, kamu telah membantu Pemprov DKI Jakarta memetakan banjir dan menginformasikan warga lainnya. Penanganan banjir juga bisa jadi lebih cepat diatasi.

Aplikasi JAKI ini juga menyediakan layanan call centre dengan pihak terkait seperti, Jakarta Siaga, Layanan Informasi dan Nomor, Palang Merah Indonesia (PMI), Polisi, Posko Bencana Alam, Posko Kewaspadaan Nasional, Tim SAR, dan Sentra Informasi Keracunan.

Tampilan call centre di aplikasi JAKI / tangkapan layar

Untuk ke menu layanan tersebut, kamu tinggal masuk ke dalam aplikasi JAKI lalu pilih menu “JakSiaga”. Kemudian akan muncul pilihan kamu ingin menghubungi pihak yang mana, apakah polisi, Tim SAR, PMI, atau yang lain.

BMKG Keluarkan Prakiraan Cuaca Sampai 31 Desember 2022

BMKG sebagai pihak berwenang untuk memantau situasi dan kondisi terkait dengan cuaca di wilayah Indonesia, mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Jakarta, Banten, dan Jawa Barat sampai tanggal 31 Desember 2022.

28 Desember 2022 pukul 07.00 WIB – 29 Desember 2022 pukul 07.00 WIB

BMKG memprediksi bahwa potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi di wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Konsentrasi hujan dengan intensitas sedang berada di perairan Teluk Jakarta.

29 Desember 2022 pukul 07.00 – 30 Desember 2022 pukul 07.00

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di: Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Potensi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat akan terjadi di: Jakarta Utara bagian timur, Jakarta Selatan, Depok, Bogor, Bekasi.

30 Desember 2022 pukul 07.00 WIB – 31 Desember 2022 pukul 07.00 WIB

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat: Depok, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Baca Juga: “Waspada Cuaca Ekstrem Sampai 15 Oktober, Ini Tips untuk Cegah Genangan Air di Rumah

Potensi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat: Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Bogor, dan Bekasi.

31 Desember 2022 pukul 07.00 WIB – 01 Januari 2023 pukul 07.00 WIB

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat: Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Potensi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat: Bogor dan Bekasi.

Tetap siaga dan waspada agar tetap aman hadapi cuaca ekstrem ya Oppal Gengs! Stay safe semua…

via GIPHY

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post