Le Minerale dan Cosmonauts Rilis T-Shirt Ramah Lingkungan

Salah satu bahan untuk koleksi ini berasal dari daur ulang botol PET.

124
Le Minerale x Cosmonauts

Generasi muda saat ini mendukung gaya hidup yang berfokus pada sustainability atau kelestarian untuk membangun lingkungan Bumi yang lebih baik. Untuk mendukung hal itu, Le Minerale dan brand lokal Cosmonauts Spacewear merilis koleksi t-shirt yang ramah lingkungan.

Yang menarik dari koleksi ini adalah salah satu bahan ramah lingkungan yang digunakan berasal dari daur ulang botol PET. Koleksi t-shirt Le Minerale x Cosmonauts Spacewear ini menggunakan bahan 75 persen katun dan 25 persen recycled polyester.

“Meski kami menggunakan botol PET daur ulang, tapi t-shirt ini nggak kalah lembut dari koleksi kami lainnya,” kata pendiri Cosmonauts Spacewear, Andre Otto Widjaja.

Ia juga menambahkan katun merupakan bahan alami yang dikenal dingin dan cocok buat dijadikan t-shirt. Sementara, polyester adalah bahan kain yang kuat, enggak mudah kusut, cepat kering, dan bisa menjaga bentuk baju dari penyusutan.

Perpaduan material tersebut pun akhirnya menghasilkan koleksi ­t-shirt yang cocok buat iklim tropis seperti di Indonesia, yang tentunya punya durability (daya tahan) yang baik, dan pastinya mendukung pengurangan sampah plastik.

Le Minerale x Cosmonauts
Varian t-shirt dari koleksi Le Minerale x Cosmonauts/@cosmonautspacewear

Bukan cuma dari segi bahan, koleksi ini juga membawa pesan sustainability dan ramah lingkungan lewat berbagai desain dari total enam t-shirt.

Anyway, untuk artwork dalam koleksi ini terinspirasi dari pilah sampah dan daur ulang, dan digambarkan dengan ilustrasi khas Cosmonauts yang bertemakan outer space dan limitless imagination.

“Kolaborasi ini menjadi salah satu wujud nyata dari implementasi nilai tersebut dalam memproduksi pakaian dengan kandungan bahan daur ulang dari plastik PET,” ucap Andre.

Le Minerale x Cosmonauts
Koleksi dari kolaborasi Le Minerale x Cosmonauts/@cosmonautspacewear

Di sisi lain, kolaborasi ini merupakan lanjutan komitmen dari Le Minerale dalam mengelola sampah plastik sebagai tujuan utama dalam menjaga lingkungan.

“Kolaborasi bersama Cosmonauts adalah salah satu wujud nyata implementasi dari program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN) Le Minerale yang bersifat hulu ke hilir selama kurang lebih setahun,” ujar Head of Public Relations and Digital Le Minerale, Yuna Eka Kristina.

GESN sendiri menjadi tujuan besar dari Le Minerale dalam misi dan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan.

Le Minerale juga percaya bahwa peranan mitra strategis dan konsumen bakal mempercepat peningkatkan pencapaian GESN itu sendiri, yaitu collection rate yang diharapkan bisa mengurangi sampah-sampah.

Lewat desain yang ciamik dari Cosmonauts dan kekuatan story telling yang pastinya relevan dengan anak muda, koleksi t-shirt ini diharapkan bisa menginspirasi para penggunanya untuk menerapkan sustainable lifestyle melalui cara yang mudah.

Le Minerale x Cosmonauts
Le Minerale x Cosmonauts/@cosmonautspacewear

Koleksi ini secara eksklusif bisa didapatkan hanya melalui e-commerce Tokopedia mulai 7 April kemarin. Go check ’em out, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!