Liburan Asyik ke Malaysia Via Jalan Tol Pekanbaru–Dumai, Begini Caranya

Kamu juga akan menaiki kapal feri lewat jalur ini.

157
Dumai

Jalan tol kini memang sudah menjadi salah satu fasilitas umum yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Terbaru, kamu bisa jalan-jalan ke Malaysia menggunakan jalur darat via Tol Dumai–Pekanbaru, lho! Keren, kan?

Melansir akun @pupr_bpjt, jalan tol Dumai–Pekanbaru akan menghubungkan kamu dengan Pelabuhan Penyebrangan Internasional Dumai dan bisa menggunakan kapal feri ke Pelabuhan Internasional Malaka City di Malaysia.

Perjalanannya juga cukup mudah, dari Kota Pekanbaru kamu bisa langsung menuju ke Kota Dumai dengan melewati Jalan Tol Pekanbaru–Dumai kurang lebih ditempuh sekitar 1,5–2 jam perjalanan dengan rata-rata kecepatan 80km/jam.

Pengendara kemudian bisa keluar menuju Gerbang Tol Dumai dan langsung mengambil ke arah Pelabuhan Penyebrangan Internasional Dumai sekitar 30 menit perjalanan.

Foto Kapal Ferry/Shutterstock

Kamu yang akan pergi ke Negeri Jiran ini juga diwajibkan untuk membawa kelengkapan dokumen perjalanan seperti paspor dan lain sebagainya. Kendaraan yang kamu bawa juga bisa diparkir di Pelabuhan Penyebrangan Internasional Dumai ya, gengs.

Di Pelabuhan Internasional Dumai ataupun Malaka City, petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen yang kamu bawa sesuai dengan tujuan perjalanan. Apakah berwisata, berobat, sekolah, dan lain sebagainya.

Foto Kapal Ferry/Shutterstock

Sesampainya di Pelabuhan Internasional Dumai, kamu bisa membeli tiket kapal feri secara on the spot untuk menyebrang ke Pelabuhan Internasional Malaka City selama dua sampai dengan tiga jam perjalanan.

Untuk jadwal keberangkatannya sendiri selalu ada setiap hari dari hari Senin sampai dengan Minggu, dengan jam keberangkatan pagi hari untuk Kota Dumai dan siang hari dari Kota Malaka.

Satu hal penting juga kalau kamu mau pergi ke Malaysia lewat jalur ini adalah selalu siapkan fisik dan stamina ya, gengs. Karena perjalanan ini pasti akan membuat badan terasa lelah dan capek. Oleh karenanya, selalu jaga kesehatan badan dan kondisi tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan makanan sehat lainnya.

Baca juga: “Siapin Saldo e-Toll saat Mudik, Ini Tarif Jalan Tol Trans Jawa

Untuk kamu yang gampang mabuk laut, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, ya. Perjalanan laut dari Pelabuhan Dumai ke Malaka City cukup panjang dan lama. Hal ini bisa membuat kamu yang mabuk laut kewalahan.

Sudah siap berlibur ke Malaysia lewat jalur darat? Siapkan cuti panjang kamu ya, Oppal gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.