Melihat Secara Detail Tanggung Jawab Seorang Content Writer

Content writer berbeda dengan copy writer, cari tahu perbedaannya di sini!

150
0
Content Writer

Content writer saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang digandrungi oleh anak muda, terutama Gen Z. Lalu, apa sesungguhnya profesi ini? Pekerjaan content writer adalah menjadi seorang penulis profesional yang memproduksi berbagai macam konten menarik di media online.

Konten ini bisa dalam bentuk artikel, blog, kiriman di sosial media, atau media berbasis online lainnya. Selain menulis, seorang pekerja content writer juga mempunyai tanggung jawab untuk memastikan agar website, gambar, dan tulisan yang dibuat selaras dan berkaitan.

via GIPHY

Para content writer ini juga harus kreatif menulis konten yang diminati oleh para pembaca dan menulis sesuai dengan target audience. Bukan tugas yang mudah memang, tetapi ketika konten yang dibuat oleh seorang content writer dibaca oleh banyak orang, ini akan menjadi sebuah kepuasan yang tak ternilai harganya.

Tanggung Jawab Seorang Content Writer

Seorang content writer memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang tidak mudah. Pekerja konten ini harus memiliki beberapa ide liar dan out of the box agar bisa menangkap target audience yang diincar. Lalu, apa saja tanggung jawab seorang content writer?

Distribusi Konten

Pekerja content writer memiliki tugas distribusi konten di website perusahaan tempat ia bekerja. Tugas ini menuntut seorang content writer untuk melakukan update isi blog setiap hari dengan mengunggah artikel terkait serta berbagai macam konten lainnya.

Ilustrasi pekerjaan content writer/Shutterstock

Mengisi Deskripsi Produk

Deskripsi produk menjadi salah satu cara untuk menarik target audience membeli produk yang kita tawarkan. Tugas ini akan dilakukan ketika perusahaan memiliki toko online atau sejenisnya, tugas utamanya adalah mengisi deskripsi produk yang akan ditampilkan di website.

Mengelola Konten di Media Sosial

Secara garis besar yang bertanggung jawab untuk menjaga konten di media sosial adalah seorang social media specialist. Namun, ada kalanya seorang content writer juga turun tangan untuk membuat sebuah caption atau deskripsi agar sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Tak banyak orang memiliki kemampuan tersebut, oleh karenanya content writer terkadang diperbantukan untuk mengelola konten di media sosial.

Keterampilan dan Pengetahuan yang Harus Dimiliki Content Writer

Tak hanya harus cekatan dalam merangkai kata-kata, seorang content writer juga harus memiliki beberapa kemampuan dan keterampilan yang tidak biasa. Apa saja itu?

ilustrai orang sedang mengetik/Shutterstock

Kemampuan SEO

SEO merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang content writer. Sebab, sebagus apapun tulisan yang dibuat tidak akan efektif jika tidak bisa ditemukan di laman Google. Oleh karenanya, kemampuan SEO ini dibutuhkan agar tulisan yang dibuat bisa langsung muncul di laman Google.

Paham Format Penulisan

Format penulisan yang baik menjadi dasar utama agar pembaca tidak meninggalkan artikel kamu. Seorang content writer harus mampu melakukan self-editing dan memahami kalimat demi kalimat yang ditulis.

Jika penulis tidak paham dengan kalimat yang dibuat, bagaimana orang lain? Sesederhana itu. Struktur kalimat juga harus jelas dari judul, H1, H2, dan seterusnya. Ejaan bahasa yang baik juga dibutuhkan, serta peletakan tanda baca yang sesuai agar pembaca menikmati setiap kata yang ditulis.

Kemampuan Riset

Seorang content writer juga harus memiliki kemampuan riset. Dalam artian bisa melakukan riset terhadap topik tertentu yang akan dibahas di website. Konten yang bagus adalah yang memiliki kredibilitas dan nilai yang ada di dalamnya. Jadi, seorang penulis konten perlu memiliki kemampuan riset yang baik.

Cara Menjadi Seorang Content Writer

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang content writer, pastikan jenjang pendidikan kamu sudah pas ya. Sebenarnya untuk menjadi seorang content writer, bisa berlatar belakang pendidikan apa saja. Tidak harus memiliki background pendidikan sastra atau ilmu komunikasi.

Intinya adalah kamu memiliki kemampuan untuk menulis yang sesuai dengan bidang yang kamu geluti perusahaan, memiliki pengetahuan tentang SEO, memahami ejaan yang disempurnakan. Karena menulis adalah tentang bagaimana meramu kata-kata agar sesuai dengan target audience.

Oh ya, untuk kamu yang suka bertanya-tanya apa sih bedanya content writer dan copy writer, begini jawaban sederhananya.

Baca Juga: “Serunya Copywriter, Pekerjaan Bikin Konten dan Ketemu Banyak Orang Baru

Kedua profesi ini memiliki perbedaan dari tujuan penulisannya. Seorang content writer menulis dengan tujuan memberikan informasi, engaging atau mengajak. Sedang seorang copy writer menulis untuk arah lebih komersil seperti penjualan atau mengajak orang untuk membeli suatu produk, Berbeda, kan?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post