Muklay, Ilustrator Lokal Torehkan Karya Mural di Los Angeles

400
0

Muchlis Fachri atau yang akrab dipanggil Muklay menuangkan kreativitasnya pada sebidang tembok di markas Secret Walls, sebuah komunitas yang mengorganisir acara yang memadukan seni dan hiburan.

Belum lama ini, Muklay melalui akun Instagram-nya @muklay memposting dirinya sedang berpose dengan caption “besok mulai gambar di @secretwalls” dengan latar sebuah bangunan yang memampangkan tulisan “Support Your Local Artist”. Bisa terlihat pula di keterangan lokasi postingan sang seniman bahwa ia sedang berada di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Beberapa hari kemudian, Secret Walls memposting hasil kreasi Muklay pada tembok di Art Yard, yang terletak di headquarter Secret Walls di Los Angeles. Mural tersebut memperlihatkan karakter yang telah menjadi signature dari karya-karya Muklay. Postingan disertai dengan caption yang menunjukkan antusiasme dan dukungan terhadap Muklay beserta karyanya:

NEW MURAL ALERT

SW Jakarta fam @muklay stopped by HQ on his visit to LA to drop some heat in the Art Yard

Come get your pics!

Secret Walls sendiri diinisiasi pada 2006 dengan mengemban misi “Support Your Local Artist”. Sejak menghelat kompetisi ilustrasi secara live di hadapan skena bawah tanah di Shoreditch, London, Secret Walls telah mengorganisir acara seni di lebih dari 50 negara. Berkolaborasi dengan berbagai brand ikonik dunia dan membangun jaringan kreatif global. Kini, Secret Walls tengah menggelar Support Your Local Artist (SYLA) Tour di Amerika Serikat dan Kanada yang menyuguhkan sesi kompetisi seni yang terkenal.

Muklay Secret Walls Los Angeles

Di kalangan penikmat seni, Muklay adalah sebuah nama yang kian bertabur dengan pencapaian. Berkarier sejak 2010, Muklay telah meraih sejumlah penghargaan, yaitu Juara 3 Indonesia Art Awards 2015, karya seni terbaik di Nalar Sensasi Seni 2015 Galeri Seni Indonesia, dan juga masuk dalam daftar Forbes Indonesia 30 under 30 pada 2020. Muklay juga pernah menggelar beberapa pameran tunggal, yaitu See Something Strange di Artotel, Jakarta pada 2016 dan Perplexity Relation di SH Artspace, Tokyo pada 2020.

Karya-karya Muklay dengan gaya ilustrasi berupa karakter unik, warna cerah, dan outline tebal, semakin banyak dikenal orang berkat kolaborasinya dengan beragam brand kenamaan, seperti Starbucks, Coach, Cotton Ink, Uniqlo, Xiaomi, Dufan, Daihatsu, Gramedia, dan Digimap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *