Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Charles III Usai Ratu Elizabeth II Tutup Usia

Raja Charles III akan naik ke takhta di usia 73 tahun. Ia dikenal sebagai sosok yang dermawan, peduli layanan pendidikan, serta pemerhati lingkungan.

243
0

Pangeran Charles akan berubah statusnya setelah sang ibu tutup usia pada tanggal 8 September 2022 waktu setempat. Nantinya, Charles akan menjadi Raja Charles III dan menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris.

Sebagai raja baru Inggris, Charles III mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II adalah penguasa yang sangat disayangi serta ibu yang sangat dicintai dan akan dirindukan di seluruh dunia. Dikutip dari AFP, Pangeran Charles menyatakan bahwa kepergian ibunya menjadi kesedihan terbesar bagi dirinya dan keluarga.

Meninggalnya ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya. Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, kerajaan, dan persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia. Masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam dimana Ratu dipegang secara luas,” kata Pangeran Charles.

Sebagai informasi, Pangeran Charles kini sudah berusia 73 tahun. Beliau memiliki nama lengkap Charles Philip Arthur George, dan lahir di Istana Buckingham, London, pada 14 November 1948. Charles dibaptis pada 15 Desember 1948 di Ruang Musik Istana Buckingham oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher.

Charles tumbuh besar dan menjadi figur publik banyak orang. Charles dianggap sebagai seorang yang cerdas, penyendiri, dan sedikit canggung. Cerita cintanya dengan Lady Diana dimulai pada akhir 1970-an.

Keduanya sesungguhnya sudah saling mengenal sejak masih muda. Charles dan Diana muda pun bertunangan pada Februari 1981. Perbedaan usia yang mencapai 13 tahun tidak membuat mereka urung untuk menikah dan pada akhirnya di tanggal 29 Juli 1981, Pangeran Charles dan Lady Diana resmi menikah.

Pernikahan mereka saat itu sangat mewah dan disaksikan oleh penonton di seluruh dunia. Charles dan Diana dikaruniai dua orang anak, Pangeran William Arthur Philip Louis dan Pangeran Henry ‘Harry’ Charles Albert David.

Sayangnya, pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana harus kandal usai berbagai isu menimpa pernikahan mereka. Sampai pada akhirnya Diana meninggal usai mengalami kecelakaan mobil di tahun 1997.

Dan pada akhirnya Pangeran Charles menikah dengan Camilla Parker Bowles pada 9 April 2005. Camilla kemudian menjadi Duchess of Cornwall dan sekarang sering menemani Pangeran Charles dalam beberapa kunjungan resminya.

Pangeran Charles juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Hal ini bisa dibuktikan dengan dukungan kepada beberapa lembaga amal organisasi untuk meningkatkan layanan pendidikan, pendanaan awal, mendukung upaya bisnis yang berkelanjutan, dan menyediakan peluang kerja bagi warga lanjut usia.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *