Pantone Umumkan Warna Viva Magenta Akan Jadi Tren di 2023

Warna merah dengan nuansa yang lebih cerah ini dinobatkan sebagai Color of the Year 2023.

290
0
Pantone

Sebuah institusi yang menjadi spesialis warna, Pantone, mengumumkan tren warna yang akan menjadi kiblat di tahun 2023, yaitu viva magenta. Warna merah dengan nuansa yang lebih cerah ini dinobatkan sebagai Color of the Year 2023 dalam pengumuman yang dilakukan pada awal bulan Desember kemarin.

Viva magenta merupakan warna bagian dari keluarga warna merah. Warna merah yang memiliki nuansa ceria ini digambarkan sebagai warna merah sejuk dan hangat. Pantone juga mengatakan bahwa viva magenta merupakan warna yang tidak konvensional.

Melansir dari cnn.com, Pantone mengatakan bahwa viva magenta adalah warna yang berdenyut dengan kegembiraan.

“Berani dan tidak kenal takut, viva magenta adalah warna yang berdenyut dengan kegembiraan yang mendorong optimisme,” kata Pantone dikutip dari cnn.com.

Tahun 2023 diprediksi masih menjadi tahun misteri atau tahun yang penuh dengan ketidakpastian. Oleh karenanya, dibutuhkan warna yang menyejukkan, menenangkan, dan membangkitkan semangat.

Viva magenta juga diyakini mewakili jaminan, kepercayaan diri, dan koneksi di dunia yang berusaha bangkit kembali.

“Kita hidup dalam waktu yang sangat tidak konvensional. Satu-satunya hal yang menjadi konvensional adalah ketidak konvensionalannya,” ucap Wakil Presiden Institut Warna Pantone, Laurie Pressman.

Tentang Pantone Institute

Melihat dari berbagai sumber, Pantone merupakan institusi spesialis pengaturan warna yang berada di Carlstadt, New Jersey, Amerika Serikat. Perusahaan ini awalnya adalah perusahaan percetakan komersil di tahun 1950-an dan berkembang menjadi pelopor penciptaan tren warna.

Pada tahun 2019, Pantone mengenalkan warna jingga atau living coral sebagai tren warna dan ultra violet untuk tahun 2018. Dan pada kenyataannya, banyak orang yang mengenakan warna tersebut di setiap desain mereka.

Institusi ini sudah mulai menentukan warna sejak tahun 1963 untuk dunia percetakan dengan menciptakan Pantone Color Matching System (PCMS). PCMS sendiri adalah alat inovatif yang memungkinkan dalam hal pemilihan, artikulasi, dan reproduksi warna yang konsisten dan akurat di seluruh dunia.

PCMS juga mengatur standar warna melalui sistem penomoran eksklusif dan format chip. Sejak alat ini ada, ia menjadi ikon untuk merek Pantone dan institusinya. Pantone menciptakan berbagai macam warna untuk mendukung semua industri.

via GIPHY

Pantone Colour Institute diakui di seluruh dunia sebagai sumber informasi warna terkenal lewat prediksi tren warna musiman, pengembangan warna kostum, dan rekomendasi palet untuk produk dan identitas perusahaan.

Awalnya, Pantone memprediksi warna cerulean blue pada tahun 2000 yang akan menjadi tren. Sejak saat itu, Pantone selalu mengumumkan perkiraan tren warna untuk tahun berikutnya pada tengah bulan Desember.

Apakah kamu sudah siap tampil dengan tema viva magenta untuk tahun depan?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post