Patut Bangga, Ini 7 Merek Fashion Lokal yang Sudah Mendunia

339
0

Kalau kamu masih menganggap produk fashion mancanegara selalu lebih unggul dibandingkan produk lokal, merek-merek karya anak bangsa berikut akan mengubah pikiranmu.

Meski brand kenamaan dunia identik dengan kualitas tinggi, prestise, hingga kemewahan, namun apa yang dihasilkan oleh berbagai brand asli Indonesia sesungguhnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari segi desain, material, produksi, promosi, produk-produk fashion lokal telah mampu bersaing dengan nama-nama internasional.

Tidak hanya dikenal dan digemari di negeri sendiri, ragam merek fashion lokal ini juga sukses menembus pasar internasional.

1. The Executive

Tahukah kamu, kalau The Executive yang kerap kamu temui di berbagai mal ini berasal dari Bandung. Dengan aneka pilihan busana yang cenderung formal, The Executive memang menargetkan kalangan pekerja dan pebisnis. Brand yang didirikan oleh pengusaha Johanes Farial dan bernaung di bawah PT Delami Garment Industries ini telah merambah pasar Asia Tenggara.

2. Cotton Ink

Nama Cotton Ink telah dikenal sebagai merek yang menawarkan berbagai pilihan pakaian perempuan dengan desain elegan, modern, dan stylish. Bisa jadi belum banyak yang tahu bahwa Cotton Ink adalah brand asli Indonesia yang didirikan oleh Carlin Darjanto dan Ria Sarwono. Dengan rancangan dan pola yang menawan, berpadu dengan kain-kain khas Indonesia, produk-produk Cotton Ink memang cocok bagi mereka yang ingin tampil kekinian.

3. Erigo

Brand ini sebenarnya telah berdiri sejak 2010 dengan nama Selected and Co dan produknya berupa pakaian batik kasual. Pada 2013, sang pendiri Muhammad Sadad merombak Erigo secara total menjadi brand yang menawarkan pakaian yang mengusung street style. Nama Erigo berkibar semakin kencang saat terpampang pertama kalinya di billboard Times Square, New York pada Maret 2021. Di tahun dan di kota yang sama, Erigo mengharumkan nama Indonesia dalam ajang bergengsi New York Fashion Week, dengan menggandeng sejumlah influencer dan juga menggelar pop up store bersama Shopee.

4. Eiger

Bagi kamu yang hobi bertualang, nama Eiger tentunya sudah tidak asing lagi. Brand yang bernaung di bawah PT Eksonindo Multi Product Industry ini memang identik dengan kegiatan outdoor. Produk-produknya tidak hanya menghadirkan desain yang keren, tetapi juga dibarengi dengan kualitas yang tak perlu diragukan untuk menemani momen-momen menyatu dengan alam.

5. Buttonscarves

Dengan rangkaian koleksi hijab hingga aksesori perempuan berkualitas premium, Buttonscarves mendulang sukses sebagai salah satu brand baju muslim yang menembus pasar internasional. Didirikan sejak 2016 oleh Linda Angrea, Buttonscarves juga melakukan kolaborasi dengan nama-nama populer, seperti Ria Miranda dan Disney. Buttonscarves juga menjangkau konsumen mancanegara dengan membuka gerai di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

6. Matoa

Tidak hanya pakaian, Indonesia juga memiliki merek jam tangan lokal dengan desain yang menawan, Matoa. Brand asal Bandung ingi menawarkan ragam jam tangan kayu bergaya urban, dengan mengusung semangat ramah lingkungan. Sejumlah koleksinya seperti Flores, Gili, Mayo, dan Jalak telah terjual hingga Malaysia, Singapura, Cina, dan beberapa negara di Eropa.

7. Sagara

Berlanjut ke alas kaki, ada merek sepatu boots lokal berbahan dasar kulit yang layak mengisi rak sepatu kamu, yaitu Sagara. Kalau kamu mendambakan model sepatu yang benar-benar sesuai keinginan kamu, Sagara menyediakan servis custom order. Tidak hanya memenuhi permintaan masyarakat Indonesia, Sagara telah mengembangkan pemasarannya secara global ke Inggris, Jerman, Skotlandia, dan Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *