Pengin Kerja di Pemerintahan? Ini 5 Sekolah Kedinasan di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Kamu

Siapa yang mau ambil Jurusan Agen Intelijen?

58
Sekolah Kedinasan di Indonesia

Selain universitas, sebagian pelajar memilih sekolah kedinasan untuk melanjutkan pendidikannya. Lalu, apa itu sekolah kedinasan?

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2001, sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.

Lulusan sekolah dinas bisa langsung bekerja di kantor pemerintahan yang memiliki sekolah kedinasan. Nah, bagi kamu yang tertarik, berikut OPPAL rekomendasikan beberapa sekolah kedinasan di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikanmu.

1. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)

Sekolah Kedinasan di Indonesia
PKN STAN/campuspedia.id

PKN STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang menyelenggarakan Program Studi Diploma di Bidang Keuangan Negara. Sekolah ini memiliki 4 jurusan yang bisa kamu pilih, yaitu jurusan Akuntansi DIII dan D-IV Akuntansi, jurusan Pajak: D-III Pajak, D-III PBB/Penilai, dan Diploma I Pajak: Kepabeanan dan Cukai: D-III Kepabeanan dan Cukai, D-I Kepabeanan dan Cukai.

2. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Sekolah Kedinasan di Indonesia
Sekolah dinas IPDN/inisumedang.com

IPDN adalah sekolah dinas yang berada di bawah naungan Kemendagri RI (Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia). Sekolah ini tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Papua, Kalimantan Barat, dan Riau.

3. Poltekip (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)

Sekolah Kedinasan di Indonesia
Sekolah dinas Poltekip/tangerangnews.com

Berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Poltekip ditujukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang ahli di bidang kemasyarakatan. Sekolah ini juga membuka dua sekolah kedinasan, yaitu Poltekip dan Poltekim (Politeknik Imigrasi).

Untuk Poltekim, mahasiswa akan belajar tentang imigrasi. Lulusan ini nantinya akan ditempatkan di kantor imigrasi yang ada di Indonesia atau unit di imigrasi sebagai perwakilan luar negeri Indonesia.

4. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Sekolah Kedinasan di Indonesia
STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)/zenius.net

STSN adalah sekolah kedinasan yang diselenggarakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia. Sekolah ini merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia.

STSN memiliki dua program studi, yakni D-IV Manajemen Persandian dan D-IV Teknik Persandian (Program Studi Teknik Kripto dan Program Studi Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi).

5. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Sekolah Kedinasan di Indonesia
STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)/ainamulyana.blogspot.com

Sekolah kedinasan yang berada di bawah pengelolaan BIN (Badan Intelijen Negara) ini ditujukan untuk menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang intelijen, dan bisa menyelenggarakan pendidikan profesi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

STIN berbeda dengan sekolah dinas lainnya, karena hanya menawarkan program sarjana (S-1) sebagai jenjang pendidikan awal. Sedangkan untuk jurusannya, STIN memiliki empat jurusan, yakni Jurusan Agen Intelijen, Jurusan Teknologi Intelijen, Jurusan Cyber Intelijen, dan Jurusan Ekonomi Intelijen.

Itulah beberapa rekomendasi sekolah kedinasan di Indonesia yang bisa jadi pilihanmu, gengs. Jadi, di sekolah dinas mana kamu akan melanjutkan pendidikanmu nih?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!